Maksimalkan Larangan Mudik, Pemkot Bandung Tutup Bandara dan Terminal

Sabtu, 24 April 2021 00:15 Reporter : Aksara Bebey
Maksimalkan Larangan Mudik, Pemkot Bandung Tutup Bandara dan Terminal Penumpang kereta di Stasiun Senen. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung menyiapkan tujuh titik penyekatan sebagai tindak lanjut larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat. Selain itu, ada penutupan tempat layanan transportasi, seperti bandara dan terminal.

Penyekatan ini dilaksanakan di di ring tiga pintu keluar Tol Pasteur, Tol Buahbatu, Tol Kopo, Tol Moch Toha, Tol Pasirkoja dan perbatasan di wilayah Cibiru dan Ledeng. Kebijakan tersebut berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyatakan kebijakan ini diambil sebagai tindak lanjut keputusan pemerintah pusat yang melarang masyarakat mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1422 hijriah.

Ia sudah menginstruksikan Dishub Kota Bandung segera berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Bandung memantau dan mengawasi pergerakan kendaraan. Koordinasi pun dilakukan dengan pemerintah daerah yang berbatasan dengan Kota Bandung.

"Tim teknis di bawah komando pak sekda akan rapat lintas wilayah sambil menunggu kebijakan lintas wilayah dari provinsi Jawa Barat. Prinsipnya tentang mudik, kebijakannya dilarang karena itu merupakan kebijakan pusat,” kata Oded, Jumat (23/4).

“Kendaraan umum disampaikan pak Ricky (Kadishub), semua terminal bandara dan stasiun ditutup sementara (pada saat jadwal kebijakan berlangsung). Sebelum masa larangan mudik, terminal, bandara dan stasiun kereta api masih tetap beroperasi seperti biasa,” ia melanjutkan.

Meski demikian, dia memastikan, mudik aglomerasi atau aktivitas masyarakat yang tinggal di Bandung Raya masih tetap diperbolehkan untuk melintas. Teknis dari kepolisian akan menandai kendaraan yang layak lolos.

Jika dalam kebijakan itu masih ada pemudik yang lolos, apalagi dari zona merah, maka yang bersangkutan harus menjalani masa karantina mandiri. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini