Mahfud MD Sebut Kasus Kematian Brigadir J ada 3 Tersangka, Ini Kata Kabareskrim

Senin, 8 Agustus 2022 18:06 Reporter : Muhammad Genantan Saputra, Nur Habibie
Mahfud MD Sebut Kasus Kematian Brigadir J ada 3 Tersangka, Ini Kata Kabareskrim Menko Polhukam Mahfud MD. Moh Kadafi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut, ada tiga tersangka dalam kasus kematian Brigadir J. Menurutnya, kasus ini akan berkembang semakin jelas.

Polri sendiri telah mengumumkan dua orang sebagai tersangka terkait tewasnya Brigadir J, yakni Bharada E dan Brigadir R. Mahfud tak menyebut siapa tersangka ketiga yang dimaksudnya.

"Ya memang harus hati-hati kan tersangkanya sudah tiga, tiga itu bisa berkembang dan pasalnya itu 338, 340 yang baru ya pembunuhan berencana dan nanti itu akan menjangkau ke yang lebih jelas lagi perannya apakah aktor intelektual ataukah eksekutor," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8).

Mahfud lalu menilai kasus kematian Brigadir J seperti fenomena code of silence atau kode keheningan. Code of silence dinilai sebagai kecenderungan untuk menutupi kesalahan sesama kolega, baik itu melindungi atasan, menjaga nama baik institusi, hingga memastikan kepercayaan masyarakat.

"Dan perkembangan sebenarnya cepat untuk kasus yang seperti yang punya code of silence di sebuah lingkungan yang banyak code silence itu lalu sekarang sudah tersangka kemudian pejabat pejabat tingginya sudah bedol deso," tuturnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kasus ini sudah cukup lumayan. Jalur penyelesaian kasus Brigadir J juga sudah mulai terang.

2 dari 2 halaman

"Saya kira yang dilakukan kapolri itu tahapan tahapannya dan kecepatannya cukup lumayan, tidak jelek banget," kata Mahfud.

"Karena kasus ini kan begitu ada code of silencenya, psychlogycal barriernya yang terbagi dua itu hirarkis dan politis. Jadi menurut saya tracknya sudah tepat sudah mulai terang, mari kita dukung sama sama," katanya.

Respons Kabareskrim

Menanggapi hal itu, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengaku, menunggu pengumuman dari pimpinannya dalam hal ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tunggu pengumuman Pak Kapolri dan tim khusus," kata Agus saat dikonfirmasi, Senin (8/8).

Sayangnya, jenderal bintang tiga ini tidak berbicara banyak terkait hal tersebut. Ia hanya berdoa agar kasus yang menewaskan Brigadir J bisa tuntas.

"Insya Allah tuntas," ujarnya.

Diketahui, Tim Khusus (Timsus) Polri telah menahan dua orang tersangka yakni Bharada E alias Richard Eliezer dan Brigadir RR alias Ricky Rizal. Keduanya dilakukan penahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. [rhm]

Baca juga:
LPSK Jelaskan Syarat Bharada E untuk Jadi Justice Collaborator: Bukan Pelaku Utama
Seskab: Presiden Minta Kasus Brigadir J Diselesaikan Agar Citra Polri Tak Babak Belur
Komnas HAM Gandeng Komnas Perempuan untuk Periksa Istri Ferdy Sambo
LPSK Jemput Bola Assessement Istri Ferdy Sambo
Mahfud MD: Skenario Kasus Brigadir J Sudah Terbalik, Enggak Ada Tembak Menembak
Komnas Perempuan Dilibatkan Usut Dugaan Kekerasan Seksual Istri Irjen Ferdy Sambo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini