Luhut Soal Menantunya Jadi Danpaspampres: Urusan Angkatan Darat itu

Jumat, 30 November 2018 19:51 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Luhut Soal Menantunya Jadi Danpaspampres: Urusan Angkatan Darat itu Kolonel Inf Maruli Simanjuntak. ©istimewa

Merdeka.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menunjuk menantu Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan yakni Brigjen Maruli Simanjuntak menjadi Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres). Dengan promosi sebagai Danpaspampres, Maruli naik pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) dengan dua bintang di pundaknya.

Penunjukan ini direspon beragam. Fakta bahwa Maruli adalah menantu dari orang terdekat Jokowi memang tidak bisa dipungkiri. Semua pihak diminta untuk tetap percaya bahwa TNI adalah lembaga yang akan tetap independen.

Menanggapi penunjukan Maruli sebagai Danpaspampres, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan tidak banyak berkomentar. Dia tidak ikut campur dalam urusan penunjukan menantunya itu sebagai komandan pengawal Jokowi.

"Itu urusan Angkatan Darat," singkat Luhut saat ditemui di kantornya, Jumat (30/11).

Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldy menilai, Maruli memiliki jejak yang cemerlang. Terlepas sebagai statusnya sebagai menantu Luhut Pandjaitan. "Jangan dilihat dari siapa mertuanya, tapi jejak rekam mereka memang hebat dan cemerlang," kata Bobby saat dihubungi merdeka.com, Jumat (30/11).

Untuk diketahui, dunia paspampres tak asing bagi lulusan Akmil 1992 ini. Sebelum bertugas di Korem, Maruli merupakan komandan Grup A Paspampres (2014-2016). Maruli juga berpengalaman dalam Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra. Maruli Simanjuntak juga pernah menjabat Danrem 074/Warastratama (2016-2017) sebelum menjabat Wadanpaspampres. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini