Langgar Visa Kunjungan, Pengajar Asal Sudan Dideportasi

Jumat, 17 Desember 2021 13:25 Reporter : Irwanto
Langgar Visa Kunjungan, Pengajar Asal Sudan Dideportasi WN Sudan langgar izin tinggal di Palembang. ©2021 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Seorang warga negara Sudan, Abdulrahman Mohieldin Yousif dideportasi ke negaranya karena melanggar visa kunjungan. Abdulrahman diketahui tinggal di Palembang dan menjadi seorang pengajar.

Kepala Kantor Imigrasi Klas I TPI Palembang M Ridwan mengungkapkan, keberadaan WNA itu diketahui dari laporan masyarakat yang masuk ke tim pengawasan orang asing. Dia diketahui menggunakan izin tinggal kunjungan namun sudah habis masa berlaku.

"Kami deportasi seorang WNA asal Sudan karena melanggar izin tinggal kunjungan. Dia seorang pengajar di Palembang," ungkap Ridwan, Jumat (17/12).

Dia menjelaskan, Abdulrahman mengantongi visa kunjungan sejak Juni 2021 yang berlaku selama dua bulan. Setelah habis waktunya, yang bersangkutan tidak melakukan izin perpanjangan yang merupakan pelanggaran.

"Kita periksa dia menunjukkan paspor, tapi masa kunjungannya sudah habis. Yayasan juga tidak tahu kalau salah seorang pengajarnya sudah melanggar visa," kata Ridwan.

Berdasarkan Pasal 122 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 juncto Pasal 75 ayat (1 dan 2) huruf b, d, dan f, setiap orang asing yang dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya, maka pejabat imigrasi berwenang melakukan tindakan administratif keimigrasian berupa dideportasi dari wilayah Indonesia.

Pihaknya berharap masyarakat dapat melapor jika menemukan kasus serupa. "Deportasi bagi warga asing itu adalah hukuman yang cukup berat karena melanggar administratif," tegasnya. [bal]

Baca juga:
Tidak Ada Tujuan Jelas, Puluhan WNA Ditolak Masuk Indonesia
Depresi Kehabisan Uang, Bule asal Belanda Ngamuk di Toko Swalayan Bali
Enam WN China Tanpa Dokumen Diamankan Anggota Kodim 1790/Yawa Waropen
Sejak Nikah Siri, WN Timteng Siram Air Keras ke Istri hingga Tewas Sering Cekcok

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini