KONI sebut atlet terlantar di Manggarai bukan tanggung jawab PB PON

Sabtu, 24 September 2016 04:07 Reporter : Andrian Salam Wiyono
KONI sebut atlet terlantar di Manggarai bukan tanggung jawab PB PON Atlet PON Sulteng terlantar di Manggarai. ©2016 Merdeka.com/Rizky Andwika

Merdeka.com - Kejadian ironis yang dialami atlet Muay Thai, usai bertanding di ajang PON terjadi di Stasiun Manggarai, Jakarta. Mereka terlantar lantaran tidak punya ongkos pulang ke Sulawesi Selatan.

Tapi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menyebut PB PON tidak bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

PB PON hanya mengakomodir 44 cabang olahraga yang non eksibisi. Adapun Muay Thai adalah cabor eksibisi yang baru diperkenalkan di PON Jabar ini.

"Untuk kali ini merupakan eksibisi cabor. Mestinya bukan tanggung jawab PB PON. Tapi kaitannya dengan Pengurus Muay Thai dengan Pengprov Sulsel. Maka tanggung jawabnya ada di PB cabor," kata Wakil Ketua Umum KONI Suwarno, di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jumat (23/9).

Ketentuan tersebut kata dia sudah tersosialisasikan secara jelas sebelum PON Jabar ini terlaksana. "Jadi harus bisa bedakan mana eksibisi dan 44 cabang olahraga yang dipertandingkan. Itu yang harus kita klarifikasi," terangnya.

Sebelumnya Menpora Imam Nahrawi mengatakan, ingin mengetahui pasti mengapa atlet yang juga membawa emas pada ajang PON bisa tidak pulang pasca tanding. "Mungkin di situ ada miskom antara KONI dan Pemda," katanya.

Dia juga mengaku ingin mengetahui lebih jauh mengapa para atlet sampai mau tiduran di Stasiun, apalagi mereka baru mengharumkan daerahnya dengan torehan emas.

"Sekaligus saya ingin tanya lebih jauh. Mengapa mereka berani tiduran di Manggarai," ujarnya di tempat sama. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini