Kondisi Komnas HAM Jelang Pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo, Dijaga Belasan Polisi

Kamis, 11 Agustus 2022 11:54 Reporter : Bachtiarudin Alam
Kondisi Komnas HAM Jelang Pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo, Dijaga Belasan Polisi Komnas HAM. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menunggu kedatangan tersangka Irjen Pol Ferdy Sambo. Tersangka pembunuhan Brigadir J ini dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada Kamis (11/8) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Sebenarnya hari ini kami jadwalkan untuk permintaan keterangan Irjen Sambo nanti siang jam 2. Namun sampai pagi ini kami belum mendapatkan kabar. Apakah agenda tersebut bisa dilaksanakan atau kah tidak," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam kepada wartawan.

Anam mengatakan Komnas HAM berencana melakukan pendalaman keterangan terhadap Sambo. Beberapa temuan Komnas HAM juga akan dikonfirmasi.

"Semua hal ya mulai dari temuan-temuan kami, dokkes, temuan-temuan kami di Jambi ya, terus temuan temuan kami di siber maupun temuan temuan kami kemarin di balistik pasti semuanya akan kami tanya," ujar Anam.

Pantauan di lokasi, terlihat Kantor Komnas HAM di jalan Latuharhari Nomor 4B dijaga sejumlah polisi. Proses pengamanan ini tidak seperti pemeriksaan hari-hari sebelumnya.

Sebanyak 16 personel polisi berjaga di depan gedung Komnas HAM. Namun mereka tidak dilengkapi senjata atau kendaraan taktis.

2 dari 2 halaman

Komnas HAM telah merampungkan pemeriksaan terhadap seluruh ajudan atau adc Irjen Pol Ferdy Sambo yang berjumlah tujuh orang termasuk Bharada E, Bripka R dan, Brigadir D.

Dalam pemeriksaan ini, Komnas HAM artinya telah berhasil mengantongi keterangan dari para ajudan, termasuk juga sejumlah asisten rumah tangga (art) yang juga pada hari tersebut dimintai keterangan.

Sampai saat ini, Komnas HAM tercatat telah melangsungkan pemeriksaan terhadap Dokter Forensik terkait hasil autopsi. Sedangkan, Siber Bareskrim Polri terkait Digital Forensik telah didapat data dari 15 handphone pihak-pihak terkait.

Sedangkan terbaru Komnas HAM, Rabu (10/8) telah merampungkan pemeriksaan terhadap Tim Puslabfor Polri terkait hasil uji balistik. Dimana telah mendapati data dari dua senjata api serta digital video recorder (DVR) yang berkaitan dengan rekaman CCTV, rusak.

Sementara untuk hari ini, Kamis (11/8) Komnas HAM telah dijadwalkan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo usai penetapan tersangka. Namun demikian untuk lokasi dan waktunya pastinya belum ada kepastian. [ray]

Baca juga:
Irjen Ferdy Sambo Diperiksa Perdana Sebagai Tersangka Kasus Brigadir J Hari Ini
Motif Irjen Ferdy Sambo Eksekusi Brigadir J: Jangan Kepo, Malu sampai Khusus Dewasa
Komnas HAM: Kita Tidak Saling Berlomba dengan Polri Usut Kasus Brigadir J
Motif Pembunuhan Brigadir J, Polri: Jangan Kepo, Biar jadi Konsumsi Penyidik Saja

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini