Kemlu: Jenazah Sutopo Akan Dipulangkan ke Tanah Air Secepatnya

Minggu, 7 Juli 2019 10:12 Reporter : Merdeka
Kemlu: Jenazah Sutopo Akan Dipulangkan ke Tanah Air Secepatnya Ini penjelasan PNPB terjadinya banjir bandang di sentani. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Kepala Humas dan Pusat Data BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China, saat menjalani pengobatan kanker paru yang dideritanya. Sutopo menghembuskan napas terakhhir sekitar pukul 02.00 waktu setempat.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) menyatakan di saat-saat terakhirnya, Sutopo didampingi oleh istrinya Retno Utami, kerabat dan sejumlah warga Indonesia yang tinggal di Guangzhou. Selanjutnya, KJRI hingga kini terus berupaya agar jenazah Sutoo dapat segera dipulangkan ke Indonesia secepatnya.

"Kami berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait di Tiongkok seperti pimpinan rumah sakit, Bea Cukai Tiongkok dan pimpinan kantor perwakilan Garuda Indonesia untuk memastikan agar jenazah almarhum dapat dipulangkan ke Tanah Air secepatnya," tulis KJRI dalam keterangan resminya, Minggu (7//7).

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan proses pemulangan jenazah Sutopo akan dilakukan secepatnya. Dia mengaku sejauh ini telah berkoodinasi dengan pihak KJRI agar secepatnya dapat segera melakuan upaya tersebut.

"Teman-teman di KJRI Guanzhou akan terus update kemajuan proses administrasi dan logistik lainnya,” ucap Faizasyah saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (7/7/2019)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi sebelumnya telah menghubungi istri Sutopo dan menyampaikan belasungkawa pada pihak keluarga.

Menurutnya Kemlu akan memberikan bantuan maksimal untuk pemulangan jenazah.

"Ibu Menlu sudah bicara secara langsung dengan istri Almarhum, dengan ibu Sutopo menyampaikan belasungkawa dan juga memberikan kesiapan KJRI, atau Kemlu memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk proses pemulangan jenazah," tuturnya.

Sesampainya jenazah di Indonesia, Faizasyah menyebut, Kemlu akan menyerahkan proses penyemayaman kepada pihak BNPB.

Menurut dia, Kemlu hanya memfasilitasi terkait pemulangan Kepala Pusat Data dan Humas BNPB itu.

"Nah itu silakan dicek kepada BNPB. Kita hanya memfasilitasi kepulangan ke tanah air. Selanjutnya nanti silahkan ditanyakan ke BNPB," kata dia.

Reporter:Ratu Annisaa Suryasumirat [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini