Kemenhub Sebut Ada 1,2 Juta Kendaraan Belum Kembali ke Jabodetabek Usai Mudik Lebaran

Senin, 31 Mei 2021 21:25 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kemenhub Sebut Ada 1,2 Juta Kendaraan Belum Kembali ke Jabodetabek Usai Mudik Lebaran Kemacetan di Jalan Kapten Tendean. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Jubir Kemenhub, Adita Irawati menyebut ada sekitar 1,2 juta kendaraan belum balik di masa pasca pengetatan mudik. Sehingga, diperlukan antisipasi untuk memastikan masyarakat yang balik ke Jabodetabek dalam kondisi sehat.

"Berdasarkan data mobilitas keluar masuk kendaraan Jabodetabek baik itu tol maupun non tol, sebenarnya masih terdapat selisih 1,2 juta kendaraan yang belum kembali, sampai tanggal 29 Mei," katanya dalam Rakor Satgas Penanganan Covid di Youtube Pusdalops BNPB, Senin (31/5).

"Sehingga tetap perlu antisipasi pengetatan mobilitas untuk memastikan pelaku perjalanan adalah orang yang sehat," sambungnya.

Kemudian, lanjut Adita, masih ada sekitar 32 ribu masyarakat yang belum balik ke Pulau Jawa melalui penyeberangan penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Masih terdapat selisih sekitar 32 ribu penumpang yang belum kembali ke pulau Jawa sampai 29 Mei," kata dia.

"Dan sampai 31 Mei ini rencananya tidak ada perpanjangan pengetatan dan akan kembali kepada aturan yang semula dan kembali kepada surat edaran nomor 12," sambungnya.

Oleh karena itu, Kemenhub merekomendasikan tetap dilakukan pengawasan protokol kesehatan sangat ketat terhadap masyarakat yang akan balik lewat pelabuhan. Serta pemberlakuan screening test di angkutan umum.

"Khususnya di transportasi darat dan penyeberangan karena ini berpotensi masih adanya pergerakan orang baik dari Jawa Timur, Jawa Barat masuk ke Jabodetabek maupun dari Sumatera yang masuk ke Jawa melalui pelabuhan Bakauheni," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini