Kelihaian Paspampres yang Bikin Wapres Ma'ruf Amin Kagum

Selasa, 5 November 2019 13:56 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Kelihaian Paspampres yang Bikin Wapres Ma'ruf Amin Kagum maruf amin di markas paspampres. ©2019 Merdeka.com/intan umbari

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau Markas Komando (Mako) Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Jakarta Pusat, Jumat (1/11). Ma'ruf hadir bersama Ibu Hj Wury Ma'ruf Amin dan disambut Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Kemudian Ma'ruf Amin disuguhkan atraksi Paspampres dalam melakukan pengamanan Presiden dan Wakil Presiden.

Menurut Maruli, atraksi tersebut memberikan pesan jangan pernah meragukan Paspampres sebagai pasukan yang solid, profesional, dan siap menjadi perisai hidup Presiden dan Wakil Presiden.

Atraksi-atraksi para anggota Paspampres juga membuat Ma'ruf Amin kagum. Berikut atraksi lihai Paspampres saat melindungi Presiden dan Wakil Presiden:

1 dari 3 halaman

Menangkap Penyusup Saat Wapres Datang

Atraksi Pertama memperlihatkan aksi Paspampres saat mengawal Presiden atau Wakil Presiden. Skenarionya, ada banyak warga yang mengerumuni kedatangan wapres. Kemudian wapres berjabat tangan dengan pejabat setempat. Namun tiba-tiba kerumunan warga bubar dan penjahat masuk.

Di skenario ini, anggota Paspampres menghalau para penjahat yang mencoba melukai wakil presiden. Anggota-anggota Paspampres yang sudah terlatih beladiri, menghajar dan memukul para penjahat tersebut. Tak hanya pria, ada pula anggota Paspampres wanita yang jago bela diri. Dengan sigap, wanita ini menghajar penjahat tersebut.

Setelah penjahat sudah tak berdaya dan situasi aman, para anggota Paspampres langsung masuk ke mobil dan melanjutkan perjalanan.

2 dari 3 halaman

Mengevakuasi dari Gedung Tinggi

Tak hanya jago dalam hal pengawalan dan pengamanan, anggota Paspampres juga lihai dalam hal mengevakuasi. Dalam skenario terlihat anggota Paspampres menuruni gedung tinggi hanya dengan tali. Mereka dilengkapi dengan alat pengamanan dan senjata.

Salah satu atraksi yang paling memukau adalah, saat anggota Paspampres wanita yang membawa tandu berisi wanita yang sedang sakit. Keduanya menuruni gedung dengan tali.

Lalu selanjutnya, saat anggota Paspampres mengawal seorang pria menuruni gedung dengan tali. Kemudian mengawal pria tersebut masuk ke dalam tank yang sudah dipersiapkan.

3 dari 3 halaman

Pesan Paspampres untuk Wapres Maruf Amin

Usai meninjau markas Paspampres, Ma'ruf Amin dikenalkan tentang kesiapsiagaan Paspampres oleh Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

"Kesetiaan dan kewaspadaan Paspampres ini sangat dijunjung tinggi, sebagaimana motto Paspampres "Setia Waspada" yang tercantum dalam pita warna kuning emas dalam logo Paspampres," kata Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Setia Waspada, kata Maruli, memiliki makna bahwa prajurit Paspampres adalah prajurit yang senantiasa setia kepada tugasnya, setia pada Pancasila dan Sapta Marga.

"Serta setia kepada bangsa dan negara RI dengan memelihara tingkat kewaspadaan yang tinggi," lanjut Maruli. [dan]

Baca juga:
Tinjau Markas Paspampres, Ma'ruf Amin Berikan Pesan di Atas Kanvas
Sri Mulyani Soal Penyerangan Wiranto: Tak Ada Penambahan Pengamanan untuk Menteri
Wiranto Ditusuk, Danpaspampres Nilai Pengamanan Jokowi Tak Ditingkatkan
Wiranto Ditusuk, Jokowi Tak Tambah Paspampres & Tetap Sapa Kerumunan Warga
HUT RI ke-74, Ajudan hingga Danpaspamres Jokowi Kenakan Pakaian Adat
Aksi Dadakan Jokowi dan Respons Cepat Paspampres

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini