Kejar pembakar pos polantas, polisi dan warga sweeping ke kampus UIN Sunan Kalijaga

Selasa, 1 Mei 2018 19:41 Reporter : Purnomo Edi
Kejar pembakar pos polantas, polisi dan warga sweeping ke kampus UIN Sunan Kalijaga Aksi may day di Yogya ricuh. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Aksi demonstrasi memeringati Hari Buruh di persimpangan UIN Sunan Kalijaga, Jalan Yogya-Solo, Sleman berakhir ricuh. Sebuah pos polisi lalu lintas (polantas) yang berada di pertigaan tersebut dibakar massa aksi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan massa yang menggelar demonstrasi ini sempat melakukan pemblokiran Jalan Yogya-Solo. Massa aksi juga sempat melempar bom molotov ke pos polantas. Akibatnya pos polantas itu mengalami kerusakan dan hangus terbakar di beberapa bagian bangunannya.

Massa yang berdemonstrasi juga sempat terlibat aksi lempar batu dengan warga yang berada di sekitar UIN Sunan Kalijaga. Usai aksi saling lempar, massa aksi memilih mundur. Mereka masuk ke dalam kampus UIN Sunan Kalijaga.

aksi may day di yogya ricuh

Warga dan aparat kepolisian mengejar massa yang lari ke dalam kampus UIN Sunan Kalijaga. Aparat kepolisian melakukan sweeping ke dalam kampus UIN Sunan Kalijaga untuk mencari pelaku pelemparan molotov ke pos polantas.

Polisi mengendarai sepeda motor trail dilengkapi peralatan lengkap anti huru hara. Aparat kepolisian pun masuk ke dalam kampus UIN Sunan Kalijaga. Sejumlah aktivis diamankan oleh aparat kepolisian dari dalam Kampus UIN Sunan Kalijaga.

Dwi, salah seorang warga mengaku ikut mengejar mahasiswa karena dianggap aksi demonstrasi sudah mengganggu ketertiban umum. Selain memblokir jalan, lemparan bom molotov juga hampir mengenai warga.

"Jalan diblokir, warga terganggu. Selain itu juga mereka bakar ban dan lempar bom molotov. Bom molotov tadi hampir kena warga yang ada di dekat pos polantas. Jadi warga spontan mengejar yang pada demo," tutup Dwi. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini