Keamanan Kondusif, 1.108 Pengungsi Kembali ke Wamena

Sabtu, 2 November 2019 05:00 Reporter : Dedi Rahmadi
Keamanan Kondusif, 1.108 Pengungsi Kembali ke Wamena Pengungsi Wamena di Jayapura. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Landasan Udara Silas Papare hingga saat ini telah memulangkan 1.108 orang yang sebelumnya mengungsi, akibat kerusuhan kembali ke Wamena.

"Para pengungsi itu dipulangkan dengan menggunakan Hercules TNI-AU yang diperbantukan ke Lanud Silas Papare," kata Komandan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo kepada Antara, Jumat (1/11).

Dikatakan, Jumat (1/11) tercatat 291 orang dipulangkan ke Wamena dengan menggunakan pesawat hercules. Saat ini ada dua hercules yang diperbantukan untuk membantu pemulangan kembali pengungsi ke Wamena mengingat kawasan itu saat ini sudah relatif aman.

"TNI-AU akan membantu memulangkan pengungsi kembali ke Wamena melalui posko atau dinas sosial," kata Tri Bowo seraya menambahkan TNI-AU tidak memungut biaya apapun kepada warga yang ingin kembali ke Wamena.

Kerusuhan Wamena yang terjadi 23 September lalu itu menyebabkan sekitar 15 ribu warga mengungsi dan keluar dari Wamena termasuk dari wilayah di sekitarnya.

Insiden yang menyebabkan 33 orang meninggal dan 76 orang mengalami luka-luka serta 1.000 an bangunan dibakar dan dirusak . [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini