Kapolri Janji Ferdy Sambo Dimunculkan ke Publik saat Berkas Diserahkan ke Kejaksaan

Rabu, 24 Agustus 2022 22:11 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kapolri Janji Ferdy Sambo Dimunculkan ke Publik saat Berkas Diserahkan ke Kejaksaan Irjen Ferdy Sambo diperiksa polisi. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjawab alasan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo belum juga ditampilkan ke publik. Menurut Sigit, tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, itu sengaja belum ditampilkan sebagai bagian dari strategi Timsus Polri.

"Jadi itu merupakan bagian strategi penyidikan yang dilakukan oleh timsus," kata Sigit di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

Sigit mengatakan, Sambo akan dimunculkan pada waktu yang tepat. Misalnya ketika penyerahan berkas ke Kejaksaan untuk disidangkan.

"Tentunya pada saatnya nanti tentu akan dimunculkan, khususnya pada saat akan penyerahan berkas," kata dia.

Sigit menambahkan, proses penyidikan kasus pembunuhan terhadap Brigadir J diotaki Ferdy Sambo saat ini masih berlangsung. Sigit meminta semua pihak menunggu kerja-kerja timsus.

"Karena memang proses sedang berlangsung saat ini sehingga semuanya kami serahkan pada timsus, karena ini bagian dari strategi penyidikan," kata Sigit.

2 dari 2 halaman

Ferdy Sambo Besok Jalani Sidang Etik

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang kode etik terkait kasus pembunuhan terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Sidang bakal digelar pada Kamis (25/8) besok.

"Info dari Wabprof, besok sidang KKEP FS pukul 09.00 WIB," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, Rabu (24/8).

Dedi mengatakan, sidang akan digelar di Ruang Sidang Komisi Kode Etik Polisi (KKEP). Sidang itu nantinya bakal digelar secara tertutup.

"Di Ruang Sidang KKEP Gedung TNCC Lantai 1 Rowabprof Divpropam Polri. Secara tertutup," ujar dia.

Sebelumnya, Irjen Ferdy Sambo akan menjalani sidang etik dalam kasus pembunuhan Brigadir J, Kamis (25/5) besok. Sidang etik akan diketuai oleh Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri.

"Besok akan dilaksanakan sidang kode etik. Dipimpin Pak Kabaintelkam," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

Sidang etik akan fokus kepada pemeriksaan Sambo. Sidang etik akan berlangsung selama 30 hari ke depan.

"Fokus ke Pak Sambo dulu. Tapi yang lainnya jalan. Itu kan waktunya 30 hari. 35 orang itu harus selesai dalam 30 hari," ujar Dedi.

Reporter: Nanda Perdana Putra [gil]

Baca juga:
Besok, Sidang Etik Irjen Ferdy Sambo Digelar Tertutup
Kapolri Tengok Irwasum Saat Ditanya Jenderal Ancam Mundur, Komjen Agung Salam Komando
Kapolri Pamer Pengungkapan 641 Kasus Judi Online, Tegaskan Pecat Anggota Terlibat
Kapolri Jelaskan Posisi Fahmi Alamsyah: Lebih Banyak Bersama Ferdy Sambo
Kapolri: Kasus Ferdy Sambo jadi Pil Pahit Bagi Polri untuk Perbaikan ke Depan
Irjen Ferdy Sambo Mundur dari Polri
Anggota DPR ke Kapolri: Banyak Polisi di Jalan Dipanggil Sambo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini