Jokowi Minta KPU Hati-Hati soal Pemilu 2024: Hal Teknis Bisa jadi Politis

Jumat, 2 Desember 2022 12:09 Reporter : Merdeka
Jokowi Minta KPU Hati-Hati soal Pemilu 2024: Hal Teknis Bisa jadi Politis Presiden Jokowi Resmikan Asrama. Instagram/@sekretariat.kabinet ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Komisi Pemilihan Umum atau KPU untuk memastikan, seluruh kegiatan di semua tahapan Pemilu 2024 memiliki pengaturan teknis dan koridor hukum yang jelas. Menurut kepala negara, hal itu penting untuk mengatasi berbagai persoalan yang akan muncul.

"Hal-hal teknis bisa menjadi politis, sehingga ini kita harus hati-hati untuk itu. Siapkan sarana prasarana logistik secara detail," kata Jokowi saat pidato pembukaan dalam acara Konsolidasi Nasional dalam rangka Kesiapan Pemilu Serentak 2024 di Convention Hall Beach City Entertainment Center (BCEC) – Ancol, Jumat (2/12).

Jokowi juga meminta, agar KPU merencanakan pengadaan tepat jumlah dan tepat waktu untuk urusan logistik. Pengkondisian diperlukan agar tidak menjadi keributan di lapangan akibat hal terkait.

"Kondisi ini yang perlu kita siapkan, jangan sampai ketidaksiapan membuat keributan di lapangan. Hal kecil bila kita tidak detail mengikuti menyelesaikan bisa menjadi keributan," wanti Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan KPU agar tetap melakukan efisiensi dalam tiap anggaran yang dikeluarkan. Meski sudah terdapat alokasinya masing-masing, Jokowi ingin semua dijalankan transparan dan terbuka.

"Penting efisiensi dan transparansi sehingga semua terbuka. Pemilu 2024 ini kita selenggarakan dalam kondisi ekonomi global yagn diliputi ketidakpastian, kita harus memiliki perasaan yang sama mengenai ini," Jokowi menutup.

2 dari 2 halaman

Jokowi memastikan, Pemilu 2024 akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Meski begitu, bukan tidak ada hambatan saat menjalani setiap tahapannya. Apalagi, situasi ekonomi global yang tengah sulit.

"Pemilu 2024 diselenggarakan dalam kondisi ekonomi global yang penuh kesuraman, kesulitan, ketidakpastian," kata Jokowi.

Dalam kondisi tersebut, lanjut Jokowi, KPU harus tetap bekerja menyukseskan Pemilu 2024. Caranya, dengan tetap melakukan efisiensi terhadap pemanfaatan anggaran dan mengatur skala prioritas.

"Juga tetap harus hati-hati dan waspada jangan sampai membuat kebijakan sekecil apapun yang salah, sehingga menjadi sulit," tegas Jokowi.

Reporter: Radityo

Sumber: Liputan6.com.

Baca juga:
Jokowi: Kedepankan Politik Adu Gagasan Bukan Adu Domba di Pemilu 2024
Tak Lolos Pendaftaran Pemilu, PKR Berharap pada Putusan DKPP
KPU Buka Lowongan Kerja untuk Pemilu 2024, Segini Gajinya
KPU Pelajari Putusan MK soal Mantan Narapidana Dilarang jadi Caleg
Jelang Pilpres, KPU Tebing Tinggi Akan Sediakan Hak Pilih untuk Tahanan
Cara Pendaftaran PPK & PPS Pemilu Melalui Aplikasi SIAKBA, Ini Syarat-Syaratnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini