Jokowi Bicara Empat Mata dengan Gus Solah

Selasa, 18 Desember 2018 19:10 Reporter : Wisnoe Moerti
Jokowi Bicara Empat Mata dengan Gus Solah Jokowi dan Gus Sholah. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berbicara empat mata dengan Pimpinan Ponpes Tebuireng Solahudin Wahid (Gus Solah). Keduanya berbincang di tempat KH Hasyim Asy'ari biasa menunaikan salat malam semasa hidupnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Selasa siang pada sekitar pukul 14.00 WIB.

"Iya pertemuannya di tempat Mbah Hasyim biasa salat malam," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung seperti dilansir Antara, Selasa (18/12).

Pramono hanya mendampingi Presiden hingga depan pintu ruangan. Dia mengaku tidak mengetahui pembicaraan Kepala Negara dengan Gus Solah. "Saya di depan, tidak ikut ke dalam. Hanya lihat sandalnya saja," ucapnya.

Saat tiba di pesantren tersebut, Presiden kemudian disambut pimpinan dan para pengasuh pesantren tersebut dan melakukan pertemuan tertutup dengan Gus Solah.

Pertemuan digelar selama sekitar 45 menit kemudian Presiden melakukan ziarah ke makam Gus Dur, makam KH A. Wahid Hasyim, dan makam KH M. Hasyim Asy'ari.

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP, Gubernur Jatim Soekarwo. Hadir pula putri Gus Dur, Yenny Wahid yang ikut serta menyambut kedatangan Presiden.

Setelah itu, Presiden dan rombongan menuju Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari untuk meresmikan museum tersebut. Presiden saat sebelum meresmikan museum yang digagas sejak 2010 itu mengatakan bahwa melalui Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari semua diingatkan bahwa Islam masuk ke nusantara dengan proses yang sangat damai.

"Selaku Presiden Republik Indonesia, selaku bagian dari umat Islam di Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gus Solah beserta seluruh keluarga besar Tebuireng yang telah banyak memberikan kontribusi yang luar biasa bagi umat Islam di Indonesia. Kontribusi yang luar biasa kepada Indonesia yang kita cintai bersama," tuturnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini