JK Nilai Pertemuan AHY dengan Jokowi dan Megawati Bikin Cair Suasana

Selasa, 11 Juni 2019 17:10 Reporter : Supriatin
JK Nilai Pertemuan AHY dengan Jokowi dan Megawati Bikin Cair Suasana wapres JK tinjau banjir makassar. ©2019 Merdeka.com/tim media wapres

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengapresiasi langkah putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengunjungi Presiden Joko Widodo ( Jokowi) dan beberapa tokoh lainnya saat lebaran hari pertama 1440 Hijriah. Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri juga sempat dikunjungi AHY.

"Itu suatu hal yang baik sebenarnya. Apalagi dalam kondisi lebaran untuk silaturahim dengan siapa saja. Justru kita saling memaafkan," kata JK di kantornya, Selasa (11/6).

Menurut JK cara AHY mengunjungi para tokoh sebagai upaya mencairkan situasi politik nasional. Termasuk mempererat kembali hubungan antara Megawati dengan SBY yang sempat merenggang.

"Ya semua tahu bahwa hubungan Ibu Mega dan SBY agak renggang kan. Jadi justru anaknya generasi keduanya bagus. Selfie-selfie, itu berarti mencairkan suasana politik nasional," ujarnya.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan pertemuan antara AHY, Jokowi, Megawati dan sejumlah tokoh nasional jangan ditafsirkan secara politis. Selain untuk silaturahmi tidak tertutup kemungkinan AHY mengunjungi para tokoh tersebut untuk menyampaikan terima kasih karena telah hadir dalam acara pemakaman sang ibunda, Ani Yudhoyono beberapa waktu lalu.

"Jadi jangan lihat sebagai sesuatu politik. Jangan hanya dilihat dari sisi politik tetapi dari sisi hubungan-hubungan secara nasional," kata dia.

Mengenai kans Demokrat yang saat ini dipimpin SBY akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Kerja, JK tak ingin berspekulasi. "Ya itu masalah akan datang. Itu tergantung keduanya. Saya belum tahu, saya yakin pembicaraan itu belum ada," ucap JK mengakhiri. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini