Jelang Debat Perdana, Ini Permintaan Ma'ruf Amin Pada Ira Koesno dan Imam Priyono

Sabtu, 29 Desember 2018 12:36 Reporter : Ahda Bayhaqi
Jelang Debat Perdana, Ini Permintaan Ma'ruf Amin Pada Ira Koesno dan Imam Priyono Gaya Ira Koesno tampil di debat. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Nama Ira Koesno dan Imam Priyono ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai moderator debat perdana Pilpres, 17 Januari 2019. Tema yang bakal dibawakan adalah hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Menanggapi dua moderator tersebut, Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01, Ma'ruf Amin, menerima ketetapan KPU. Dia hanya berharap moderator objektif dan tak menyudutkan salah satu pasangan calon.

"Yang penting moderator itu tidak memihak, dia menyampaikan secara obyektif dan tidak menyudutkan salah satu pihak," kata Ma'ruf di Pandeglang, Banten, Sabtu (29/12).

Ma'ruf percaya KPU memilih moderator dengan pertimbangan matang. Makanya, dia meminta moderator tidak melakukan penyimpangan dari skenario pelaksanaan debat kandidat yang disiapkan KPU. "Kita percaya KPU memilih mereka yang kredibel," imbuhnya.

Selain moderator, panelis juga telah ditetapkan KPU. Ada nama bekas pimpinan KPK Bambang Widjojanto. BW, sapaannya, dikenal dekat dengan lingkaran kubu capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Ma'ruf pun berharap sama laiknya moderator, supaya para panelis memberikan pertanyaan yang tidak berpihak kepada salah satu kandidat.

"Panelis itu harus berlaku obyektif, jujur. Kalau itu sudah dilakukan, saya kira dari kelompok manapun, dari profesi apapun, saya kira itu tidak menjadi masalah buat kita itu," kata Ketum MUI itu.

Soal persiapan debat, Ma'ruf sepakat dengan Jokowi. Bahwa persiapan bakal dilakukan saat mendekati hari penyelenggaraan debat.

"Menjelang debat kita akan melakukan persiapan-persiapan, mempelajari masalah-masalah yang kemungkinan akan menjadi materi perdebatan. Dan juga tentu saja kita melatih bagaimana kita menggunakan waktu yang terbatas, tidak panjang, hanya beberapa menit," katanya.

KPU resmi menetapkan Ira Koesno dan Imam Priyono sebagai moderator debat. Sementara sebagai panelis, selain Bambang Widjojanto, ada nama Hikmahanto Juwana, Bagir Manan, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanti, Adnan Topan Husodo, dan Margarito Kamis.

Timses Prabowo menuding ada penolakan nama Rosianna Silalahi sebagai moderator. Bahkan, Wasekjen Demokrat Andi Arief tidak yakin dengan netralitas Ira Koesno. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini