Ini tiga calon terkuat pengganti Sri Sultan HB X di Keraton Yogya

Senin, 23 Maret 2015 14:16 Reporter : Kresna
Ini tiga calon terkuat pengganti Sri Sultan HB X di Keraton Yogya Tantingan pernikahan GKR Hayu. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Dosen Fakultas Politik Pemerintahan UGM, Bayu Dardias K memperkirakan hanya ada tiga kandidat kuat yang memungkinkan menggantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tiga kandidat tersebut merupakan kandidat terkuat dari 18 kandidat yang ada.

"Ada GKR Pembayun yang merupakan anak tertua Sultan, kedua ada adik kandung Sultan, Hadiwinoto, ketiga Prabukusumo adik tiri tertua Sultan," kata Bayu dalam Academic Roundtable Discussion Politik Keistimewaan di Yogyakarta, Harta, Tahta, dan Perebutan Kuasa, di Fisipol UGM, Senin (23/3).

Bayu mengungkapkan selain tiga nama tersebut ada 15 nama lainnya yang kemungkinannya kecil untuk dipilih sebagai penerus tahta Sultan. 15 Nama tersebut terdiri dari empat putri Sultan yang lain (selain anak pertama) dan 11 adik Sultan yang masih hidup.

Di antara tiga kandidat tersebut, masing-masing memiliki potensi yang sama-sama kuat. Jika dirunut berdasarkan garis keturunan maka Pembayun yang mungkin bisa menjadi penerus Sultan, namun jika dilihat dari saudara maka Hadiwinoto menjadi yang terkuat.

Meski demikian dia menegaskan saat ini merupakan saat paling menggalaukan bagi Sultan. Hal ini karena dia memegang tanggung jawab yang besar dari Tuhan dan leluhur untuk menentukan penggantinya yang tepat.

"Jangan dikira Sultan nggak galau, dia punya beban berat, jangan sampai salah menentukan calon Sultan penerusnya, karena itu penting bagi keberlangsungan Keraton Yogyakarta," tandasnya. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini