ICW Sebut Tahun 2019 Terburuk dan Berduka untuk KPK

Minggu, 29 Desember 2019 19:04 Reporter : Merdeka
ICW Sebut Tahun 2019 Terburuk dan Berduka untuk KPK ICW konpers 16 tahun berdirinya KPK. ©2019 Merdeka.com/Reporter Magang : Habib Awwaluddin Rizqiwanto

Merdeka.com - Tepat pada 29 Desember 2019, sudah 16 tahun Komisi Pemberantasan Korupsi berdiri. Selama ini KPK diharapkan menjadi senjata utama pemberantasan korupsi di Indonesia.

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, tahun ini adalah tahun duka untuk KPK. Duka pertama karena komitmen KPK memerangi korupsi tidak sejalan dengan institusi lain yang justru memberikan hadiah bagi pelaku tindak pidana korupsi. Salah satunya dilakukan Mahkamah Agung. Tahun ini ada enam putusan peninjauan kembali yang justru meringankan pelaku tindak pidana korupsi.

"Ada 2 putusan yang sangat krusial yaitu yang pertama vonis lepas terdakwa Syarifudin, dan yang kedua vonis bebas mantan direktur PLN. Vonis tersebut dinilai sangat kontroversial karena ada poin-poin yang tak cukup buat majelis hakim," ujar peneliti ICW, Kurnia Ramandana di kantornya, Minggu (29/12).

Baca Selanjutnya: KPK Dilumpuhkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini