Hujan Deras, Banjir dan Longsor Landa 11 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya

Selasa, 13 Oktober 2020 03:05 Reporter : Mochammad Iqbal
Hujan Deras, Banjir dan Longsor Landa 11 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya Ilustrasi Banjir. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kabupaten Tasikmalaya sejak Minggu (11/10) malam. Akibatnya, 11 kecamatan terdampak banjir dan longsor.

"Saat ini BPBD masih melakukan penanganan di lokasi kejadian. Kita bagi beberapa tim untuk melakukan penanganan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, Senin (12/10).

Data sementara yang dimilik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, akibat bencana yang terjadi satu orang warga Kecamatan Gunungtanjung meninggal dunia. Korban tertimbun longsor saat berada di dalam rumahnya. Longsor dan banjir di Kabupaten Tasikmalaya juga merusak sejumlah warga dan memutus sejumlah akses jalan.

"Kecamatan yang mengalami bencana adalah longsor di Parungponteng, banjir di Bojongasih, longsor di Salopa, banjir di Cipatujah, longsor dan banjir di Sodonghilir, serta longsor di Jatiwaras. Longsor juga terjadi di Kecamatan Sukaraja, Bantarkalong, Gunungtanjung, Tanjungjaya, dan banjir di Karangnunggal," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya, Atep Sumardi, mengatakan bahwa akses jalan yang sempat terputus akibat bencana, yang menghubungkan Tasikmalaya-Pangandaran via Salopa-Cikatomas kini sudah bisa dilalui kembali. Meskipun masih diberlakukan sistem buka tutup.

"Kita masih bersihkan agar tak licin, tapi nanti sora insya Allah bisa dilewati kendaraan normal," katanya.

Atep menjelaskan bahwa jalur Salopa-Cikatomas bukan satu-satunya jalan yang terputus akibat bencana di Kabupaten Tasikmalaya pada Senin. Setidaknya, terdapat lima titik jalan yang terputus, diantara titik lain di Kecamatan Salopa yang menghubungkan dengan Kecamatan Manonjaya.

"Untuk pembersihan material, kita fokuskan di sini (Salopa-Cikatomas). karena ini merupakan jalan utama. Jalan lainnya ada juga yang terkena longsor dan banjir," tutupnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini