Harga Tiket Taman Nasional Komodo Rp3.750.000, Ini Fasilitas yang Didapat

Senin, 4 Juli 2022 14:22 Reporter : Ananias Petrus
Harga Tiket Taman Nasional Komodo Rp3.750.000, Ini Fasilitas yang Didapat Berkeliling Pulau Komodo dengan biaya 10 juta, bisa. ©travelaja.com

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Pusat telah bersepakat untuk menetapkan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo (TNK) dan Pulau Padar, di Kabupaten Manggarai Barat, sebesar Rp3.750.000 per orang berlaku mulai 1 Agustus 2022.

Kesepakatan itu dilakukan setelah dilakukan kajian teknis tim ahli lingkungan dari beberapa universitas terkemuka di Indonesia, bahwa ditemukan penurunan nilai jasa ekosistem, di Pulau Komodo dan Pulau Padar. Sehingga harus dilakukan konservasi.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Sony Zet Libing dalam keterangan persnya mengatakan, selain dinaikkan harga tiket juga akan dilakukan pembatasan kunjungan ke dua pulau tersebut. Karena menurutnya, salah satu penyebab kerusakan di TN Komodo adalah tingkat kunjungan wisatawan yang sangat tinggi di sana.

"Pemerintah bersepakat membatasi jumlah pengunjung ke TN Komodo dan Pulau Padar hanya 200 ribu orang per tahun," jelasnya.

Sony Libing menambahkan, pemerintah menetapkan biaya masuk TN Komodo dan Pulau Padar sebesar Rp3.750.000 per orang. Dana sebesar itu untuk biaya konservasi, pemberdayaan masyarakat lokal, biaya peningkatan kemampuan, serta biaya monitoring dan pengamanan, pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia para pelaku pariwisata, di kedua pulau itu.

"Pemerintah provinsi NTT tidak hanya memikirkan hari ini. Dua konsep pembangunan pariwisata kami yakni, membangun pariwisata dengan melibatkan masyarakat, serta membangun pariwisata dengan menjaga kelestarian lingkungan. Kita harus memikirkan masa depan, warisan kepada anak cucu kita," katanya.

Dengan harga tiket masuk sebesar itu, pemerintah juga telah menyiapkan balasan untuk wisatawan berupa penjemputan di bandara dan juga diberikan oleh-oleh. Selain itu calon wisatawan juga bebas menyelam, mengambil foto maupun video, serta tracking ke Pulau Padar.

"Kita berikan feedback bagi wisatawan. Semuanya sudah include dalam tiket masuk tersebut," ujarnya.

Sony Libing kembali menegaskan, kenaikan tiket masuk hanya diberlakukan di TN Komodo dan Pulau Padar. Bagi wisatawan yang hendak melihat Komodo namun dengan biaya standar, bisa ke Pulau Rinca serta Pulau lainnya. [cob]

Baca juga:
Penjelasan Menparekraf Sandiaga soal Harga Tiket Taman Nasional Komodo Rp3,75 Juta
Wisatawan ke Taman Nasional Komodo akan Dibatasi, Ini Alasan KLHK
Intip 5 Momen Keseruan Syahnaz Sadiqah dan Keluarga Liburan di Pulau Komodo
Isi Liburan Keluarga di Taman Nasional Komodo dengan The MAJ Oceanic
Respons Balai TN Komodo soal Turis Main Petasan di Pulau Kalong, Ancaman Bui 5 Tahun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini