Gugur Dikeroyok di Papua, Anggota Brimob Polda Riau Dimakamkan di TMP

Minggu, 22 Desember 2019 17:33 Reporter : Abdullah Sani
Gugur Dikeroyok di Papua, Anggota Brimob Polda Riau Dimakamkan di TMP Pemakaman anggota Brimob gugur di Papua. ©2019 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Polda Riau melaksanakan upacara pemakaman jenazah personel Brimob yang meninggal dunia di Papua, Bripka (Anumerta) Hendra Saut Parulian Sibarani di Taman Makam Pahlawan Kusuma Darma, Pekanbaru, Minggu (22/12). Pemakaman dipimpin Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Hadir juga sejumlah anggota TNI.

"Beliau meninggal dunia tanggal 18 Desember dalam operasi Aman Nusa Satu di Papua. Kita tahu semangat dan dedikasinya sungguh luar biasa untuk kita semua," kata Agung usai acara pemakaman.

Menurut Agung, Hendra memiliki dedikasi dan menginspirasi semua personel yang masih aktif untuk berbuat lebih baik. Polda Riau juga memberikan tali asih atau bantuan berupa rumah yang diberikan kepada keluarga Bripka Hendra.

"Tadi kami juga sudah berikan tali asih sebuah rumah kepada keluarganya," ucap Agung.

1 dari 1 halaman

Penganiayaan Terhadap Hendra

hendra rev1

Brigadir Hendra merupakan anggota Ton 2 Kie 1 Ops Aman Nusa I Brimob Polda Riau BKO Polda Papua. Korban berangkat ke Papua pada Agustus 2019 lalu.

Brigadir Hendra lahir di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 24 Oktober 1986. Kepergian korban yang meninggalkan seorang istri dan luka mendalam bagi keluarganya.

Penganiayaan terhadap Brigadir Hendra terjadi di Mapolres Yahukimo, Rabu (18/12) sekitar pukul 11.23 WIT. Selain Brigadir Hendra, sekelompok warga juga menganiaya anggota Polres Yahukimo, Bripda Agustinus Nabu (19) dan Nikolaus Ribo Situr (31).

Ketika itu, anggota Polres Yahukimo yang sedang melaksanakan piket penjagaan di Mapolres Yahukimo sedang menyelesaikan masalah kesalahpahaman antara Camat Distrik Lolat dengan masyarakat Lolat (pak guru).

Saat penyelesaian sedang berjalan, salah satu warga buang air kecil di samping penjagaan Mapolres Yahukimo. Anggota penjagaan langsung menegur pemuda tersebut tapi dibalas oleh pemuda dengar kasar dan malah memaki personel kepolisian.

Warga itu memanggil teman-temannya yang lain hingga terjadi penyerangan. Lalu terjadi tindakan brutal sekelompok masyarakat. Anggota penjagaan berusaha menenangkan tapi tidak berhasil.

Kepala SPKT Bripka Toniwi Pareme dilempari. Petugas mengeluarkan tembakan peringatan tapi situasi tetap tidak terkendali. Sekitar pukul 12.30 WIT, Brigadir Hendra yang saat itu sedang melewati Pemukiman Jalur 1 hendak ke arah Pos Masjid At-taqwa dianiaya oleh sekelompok masyarakat di depan Toko Cahaya Yahukimo.

Korban mengalami luka parah dan dibawa ke RSUD Dekai dengan menggunakan mobil Patroli Polsek Kota untuk mendapatkan pertolongan medis tapi nyawanya tidak tertolong. [noe]

Baca juga:
Kronologi Anggota Brimob Tewas Usai Dianiaya di Yahukimo Papua
Kerusuhan di Dekai Papua, Satu Anggota Brimob Tewas Dianiaya
Polisi di Palembang Ditusuk Pemalak, 1 Pelaku Dikabarkan Tertangkap
Berawal dari Kecelakaan, Anggota Polisi Dikeroyok di Pancoran
Polres Bogor Bekuk 5 Anggota Ormas Penganiaya Intel Polisi
Lerai Keributan, Polisi di Nias Selatan Diseruduk dan Dicakar Warga

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini