Gubernur Papua: Tidak ada yang minta Papua merdeka

Kamis, 20 Oktober 2016 21:09 Reporter : Supriatin
Gubernur Papua: Tidak ada yang minta Papua merdeka Gubernur Papua Lukas Enembe. ©2013 Merdeka.com/m. luthfi rahman

Merdeka.com - Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan warga Papua tidak ingin melepaskan diri dari Indonesia. Lukas menampik beredarnya kabar bahwa Papua ingin merdeka.

"Kita sudah merdeka, Indonesia sudah merdeka. Tidak ada yang minta Papua merdeka," tegas Lukas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (20/10) malam.

Terkait gerakan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Lukas tak ingin berkomentar banyak. Menurut dia, itu urusan diplomasi internasional.

"Itu (ULMWP) bukan urusan kita (Pemda). Itu soal urusannya diplomasi internasional dan ini kan perkaranya ke luar negeri. Jadi kita tidak punya kapasitas, kewenangan untuk mengurus itu," ujarnya.

Lukas menambahkan dirinya tak peduli dengan perjuangan warga Papua yang tergabung dalam ULMWP.

"Itu kan orang-orang yang berjuang di luar negeri, tidak ada urusan dengan kita," kata dia.

Saat ini, ujar Lukas, langkah yang perlu diperhatikan pemerintah pusat dan daerah adalah memberikan pelayanan terbaik dan menjamin rasa aman kepada warga Papua. Lukas juga berharap, warga Papua diperlakukan adil sebagai warga negara Indonesia (WNI).

"Kita mau itu, harus diperlakukan adil bagi mereka (rakyat Papua). Seperti kemarin, dengan (BBM) satu harga maka orang Papua merasa kami warga Indonesia," tandasnya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Papua
  2. Organisasi Papua Merdeka
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini