Gerindra Pesimis Fachrul Razi Bisa Kembangkan Kemenag

Rabu, 23 Oktober 2019 13:41 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Gerindra Pesimis Fachrul Razi Bisa Kembangkan Kemenag jenderal fakhrul razi. ©istimewa

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengkritik Menteri Agama baru yang dijabat Jenderal (Purn) TNIFachrul Razi. Dia pesimis kepada Fakhrul dari sisi mengembangkan ruang lingkup tugas Kementerian Agama.

"Dari sisi kemampuan mengembangkan ruang lingkup tugas Kemenag, pendidikan, bimas agama, haji dan umrah serta balitbang kita pesimis, karena jauh dari bidang dan kompetesinya," katanya lewat keterangannya, Rabu (23/10).

Kecuali, kata dia, dalam memperbaiki manajemen haji. Sebab, manajemen haji lebih kepada soal manajemen mobilisasi jemaah, soal pondokan, katering dan keamanan.

"Sebagai Jenderal, FR pasti handal dalam mobilisasi pasukan dan peralatan," ucapnya.

Kemudian, masalah radikalisme. Sodik khawatir sebagai seorang militer, Fakhrul Razi melakukan pendekatan militeris generalis terhadap rakyat yang dicurigai sebagai kaum radikal.

"FR diharapkan melakukan pendekatan dialog dan edukatif," ujarnya.

Meski begitu, Sodik optimis kepadaFachrul soal sifat Kemenag yang aparatnya vertikal sampai ke tingkat kecamatan-kecamatan. Dia yakin, eks Wakil Panglima TNI itu bisa menata dengan baik.

"Sebagai jendral, FR pasti punya kemampuan menata sampai unit pasukan paling bawah atau paling kecil," kata Sodik.

Kemudian, dari sisi reformasi Birokrasi, Sodik sangat berharap kepada Fakhrul sebagai seorang militer bisa tegas, berani, dan melakukan perombakan mental serta kultur kinerja. Sebab, menurutnya, kemenag selama ini paling lemah reformasi birokrasi dan kultur birokrasinya sangat feodal.

"Kita berharap sebagai seorang jendral berani melakukan reformasi kultur dan perombakan kultur kerja yang produktif efisien," imbuh anggota DPR RI itu. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini