Gelar Sekaten, Keraton Surakarta jamas gamelan

Kamis, 3 Desember 2015 14:05 Reporter : Arie Sunaryo
Gelar Sekaten, Keraton Surakarta jamas gamelan Ilustrasi Gamelan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tetap akan menggelar perayaan Sekaten kendati sebagian besar Alun-alun Utara masih digunakan untuk pasar darurat Klewer.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Pangeran Aryo (KPA) Winarno Kusumo mengatakan, upacara adat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut akan dimulai pada tanggal 12 Desember 2015.

"Sebagai awal rangkaian kegiatan nanti, akan ditandai dengan dijamasnya gamelan sekaten, yakni Gamelan Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari. Setelah jamasan, gamelan tersebut akan dikeluarkan pada 17 Desember pagi, untuk diletakkan di bangsal atau halaman Masjid Agung. Setelah itu gamelan akan ditabuh pada siang harinya, hingga puncaknya, yakni saat Grebeg pada 24 Desember," ujar Kanjeng Win, panggilan Winarno, Kamis (3/12).

Ketua panitia Sekaten KRMH Satrio Hadinagoro menambahkan, perayaan sekaten tahun ini tetap menggunakan Alun-alun Utara sebagai tempat berjualan para pedagang yang sudah menjadi ciri khas sekaten. Pada awalnya, kata Satrio, pihak keraton kebingungan mencari lokasi yang digunakan para pedagang, karena Alun-alun Utara digunakan sebagai pasar darurat Klewer.

"Pedagang khas sekaten tetap ada, mereka akan kami tempatkan di luar pagar. Untuk wahana permainan, rencananya akan kami pindahkan ke Benteng Vastenburg, namun kami masih menunggu persetujuan dari Pj (Penjabat) Wali Kota Solo dalu," pungkasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini