ETLE di Depok, Puluhan Pengemudi Ketahuan tidak Pakai Sabuk Pengaman

Kamis, 25 Maret 2021 22:08 Reporter : Nur Fauziah
ETLE di Depok, Puluhan Pengemudi Ketahuan tidak Pakai Sabuk Pengaman Ilustrasi. ©Liputan6.com/Gholib

Merdeka.com - Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok memberlakukan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Selama kurun waktu dua hari pelaksanaan, polisi mencatat adanya puluhan pengemudi kendaraan yang melanggar.

"Pada 24 Maret 2021 tercatat ada 31 pelanggaran. Jenisnya adalah pelanggaran tidak memakai safety belt," kata Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Andi M Indra Waspada, Kamis (25/3).

Untuk pelanggaran penggunaan ponsel saat berkendara kata dia hingga kini belum ada. "Belum ada untuk pelanggaran penggunaan ponsel," tambahnya.

Pelanggar dengan kendaraan yang terekam kemudian akan dikirimi surat pemberitahuan. Pelanggar harus membayar tilang tersebut. Kemudian melapor kembali pada pihaknya. "Jadi teknisnya itu apabila pelanggar terekam kamera ETLE, maka secara otomatis operator kita membuat surat pemberitahuan akan diberikan kepada alamat yang tertera di data kendaraan tersebut. Membutuhkan waktu dua minggu untuk pembayaran denda tilang. Setelah dari sana maka pelanggaran akan memberitahu ke pihak kita supaya untuk menggantikan barang bukti tersebut. Artinya kalau surat pemberitahuan itu tidak diindahkan secara otomatis nanti kendaraan itu akan terblokir," bebernya.

Pelanggar memiliki waktu dua pekan untuk menyelesaikan pembayaran. Namun jika lewat dua pekan diabaikan maka nomor kendaraan akan terbokir. "Jadi masyarakat yang ingin melakukan pembayaran pajak tidak karena terblokir, belum membayarkan denda tilang pada saat pengemudi melakukan pelanggaran," tegasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menuturkan ETLE diharapkan bisa mengurangi kemacetan. Kendaraan menjadi tidak bisa berhenti sembarangan yang menyebabkan arus lalu lintas tersendat. "Ini salah satu juga yang akan mengurai kemacetan, karena tidak boleh sembarangan berhenti karena ada CCTV ataupun kamera yang memotret pelanggaran tersebut," katanya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. ETLE
  3. E Tilang
  4. Depok
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini