Eks Pimpinan KPK Kritik Cara Baru Firli Cs Umumkan Tersangka

Senin, 11 Mei 2020 23:54 Reporter : Merdeka
Eks Pimpinan KPK Kritik Cara Baru Firli Cs Umumkan Tersangka KPK. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang kritik cara Firli cs dalam mengumumkan tersangka. Menurutnya, metode senyap saat ini menjadikan KPK tidak se-transparan saat dipimpinnya dulu.

"Adagiumnya, semakin besar ketertutupan semakin besar kecurigaan, itu sebabnya manajemen modern dalam public policy adalah keterbukaan," tutur Saut saat dikonfirmasi, Senin (11/5/2020) malam.

Di bawah tangan dingin Firli cs, diketahui tidak mengumumkan tersangka sebelum menangkapnya.

Cara ini diklaim untuk mencegah tersangka melarikan diri. Namun Saut mengingatkan, bahwa nilai-nilai antikorupsi tidak berubah siapapun yang memimpin KPK.

"Nilai-nilai tersebut di antaranya, kejujuran, kebenaran dan keadilan, kepastian hukum, transparansi, check and balance dan lainnya. Saut mengingatkan, tanpa transparansi akan muncul kecurigaan," tegas dia.

Selain itu, transparansi di tubuh KPK tidak lain dikarenakan baik pimpinan maupun pegawai digaji menggunakan anggaran negara yang berasal dari pajak masyarakat.

"Jadi publik berhak mengetahui apa yang dilakukan KPK baik di bidang pencegahan maupun penindakan korupsi, termasuk keterbukaan melakukan atau tidak melakukan penindakan dan pencegahan korupsi," Saut menandasi. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK
  3. Saut Situmorang
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini