Eks Komisioner KPK & pegiat antikorupsi jadi penguji bakal caleg PSI

Minggu, 19 November 2017 11:01 Reporter : Hari Ariyanti
Eks Komisioner KPK & pegiat antikorupsi jadi penguji bakal caleg PSI Bibit Samad Rianto. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Mantan komisioner KPK, Bibit Samad Rianto menjadi salah satu penguji bakal calon legislatif (caleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI). DPP PSI kembali melakukan uji bakal caleg pada Minggu (19/11).

Sekjen DPP PSI, Raja Juli Antoni mengatakan seleksi dan ujian bakal caleg kali ini merupakan proses lanjutan dari seleksi sebelumnya. Hanya saja juri atau penguji yang dihadirkan berbeda dari sebelumnya.

Selain Bibit Samad Rianto, penguji kali ini salah satunya tokoh perempuan Saparinah Sadli. Saparinah dilibatkan dalam proses ini karena memiliki rekam jejak cukup panjang dalam perjuangan yang berkaitan dengan isu perempuan. Selain itu ada juga pegiat antikorupsi, Zainal Arifin Mochtar dan beberapa pakar lainnya.

Dia mengklaim proses seperti ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

"Dalam sejarah di mana parpol kalau boleh saya mengklaim membuka proses rekruitmen calon sebagai transparan dan terbuka. Publik boleh mendaftar kemudian diseleksi oleh tim independen," jelasnya di Kantor DPP PSI, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (19/11).

Melalui proses seperti ini, dia berharap menjadi stimulan bagi parpolnya dalam melahirkan para wakil rakyat yang berkualitas. "Kualitas anggota DPR tidak akan membaik apabila proses rekrutmen tidak dibenahi. Kami berusaha memberikan tawaran itu," kata dia.

Proses seleksi hari ini diikuti 53 orang. Tim panel juri yang akan menetukan apakah mereka memiliki kualifikasi dan kompetensi atau tidak. Semua keputusan berada di tangan para penguji. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini