Ditunjuk jadi Menteri, Nadiem Makarim Sempat Berat Hati Tinggalkan Gojek

Rabu, 23 Oktober 2019 16:19 Reporter : Merdeka
Ditunjuk jadi Menteri, Nadiem Makarim Sempat Berat Hati Tinggalkan Gojek Nadiem Makarim jadi menteri termuda. ©2019Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Nadiem Makarim dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Pendiri Gojek itu mengaku berat hati meninggalkan perusahaan yang telah dirintisnya sejak awal.

"Saya berat hati meninggalkan Gojek yaitu, kayak anak saya, keluarga saya. Saya meninggalkan itu untuk ini (menteri)," kata Nadiem usai dilantik Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Meski begitu, Nadiem rela menerima pinangan Jokowi menjadi menteri untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Dia melihat tantangan pendidikan Indonesia akan semakin sulit. Terlebih, saat ini Pendidikan Tinggi juga masuk ke Kemendikbud.

"Tapi saya harus jujur tantangannya akan luar biasa, di bawah saya itu juga bukan hanya Mendikbud yang tradisional. Tapi juga digabung dengan Dikti, itu semua terintegrated. Tapi itu baik, itu berita baik, karena semua strategi akan terpadu," jelas dia.

Meski bukan berasal dari sektor pendidikan, dia merasa dirinya paham yang dibutuhkan oleh Indonesia. Nadiem ingin menciptakan pendidikan yang berbasis kompetensi dan karakter.

"Alasan kenapa saya terpilih walaupun saya bukan dari sektor pendidikan adalah, saya lebih mengerti apa yang akan ada di masa depan kita," tuturnya.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini