Daerah Aliran Sungai Ciliwung Ditanami Tanaman Obat dan Sayuran

Minggu, 24 November 2019 14:22 Reporter : Ya'cob Billiocta
Daerah Aliran Sungai Ciliwung Ditanami Tanaman Obat dan Sayuran Penanaman tanaman obat dan sayuran di DAS Ciliwung. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Lebih dari 1.000 tanaman obat atau apotek hidup serta sayuran ditanam di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung di RT 03 dan RT 04, RW 11 Kampung Melayu Kecil 1 Dalam, Bukit Duri, Jakarta Selatan, Minggu (24/11).

Program ini merupakan inisiasi dari Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) dan Insight Investment Management. Ketua YIIM Chrisbiantoro mengatakan, tujuan utama kegiatan ini adalah melakukan penghijauan di DAS Ciliwung.

"Nanti hasilnya untuk warga, ini punya warga seluruhnya," kata Chrisbiantoro kepada wartawan.

Ia menambahkan, warga setempat diperbolehkan untuk memperbanyak bibit tanaman-tanaman tersebut.

"Kalau nanti mau diperbanyak, mau tanam bibitnya masing-masing, monggo silakan. Intinya ini kita kelola bersama," ujarnya.

Beberapa jenis tanaman yang diberikan antara lain terong, cabai, kunyit, lengkuas, cincau, lidah buaya dan serai wangi.

"Program ini merupakan kelanjutan dari penghijauan DAS Citarum penanaman 500 pohon alpukat pada bulan April 2019 di DAS Citarum Bandung," tutur Chrisbiantoro.

"Ini juga program lingkungan yang kedua setelah pembersihan terumbu karang di Pulau Tunda pada Oktober lalu," tambahnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Kali Ciliwung
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini