Cerita Megawati Diguncang Gempa di Jepang, Diminta Tak Lari ke Luar Gedung

Selasa, 7 Januari 2020 12:22 Reporter : Merdeka
Cerita Megawati Diguncang Gempa di Jepang, Diminta Tak Lari ke Luar Gedung Megawati di Korea Selatan. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berharap Indonesia bisa meniru cara Pemerintah serta warga Jepang dalam menghadapi bencana. Hal ini disampaikannya jelang acara penganugerahan gelar doktor kehormatan dari Soka University di Tokyo, Jepang.

Mega menceritakan salah satu pengalamannya mengalami guncangan gempa di Jepang. Saat itu, dirinya dan keluarga yang mendampingi sudah hendak lari keluar dari sebuah restoran tempat mereka makan. Namun hal itu justru dilarang oleh warga Jepang yang menemani mereka makan.

"Teman saya yang orang Jepang bilang tidak usah lari. Nanti diberitahu kapan kita mesti lari. Jadi ada alarm. Kalau alarm bunyi artinya mesti waspada. Alarm kedua kita harus keluar. Jadi begitu. Itu masih berjalan terus cara memberikan warning. Jadi early warning sistemnya bagus. Dibandingkan kita, aduh, bukan lemah, tapi tidak ada," kata Megawati Selasa (7/2).

Menurut dia, Jepang mirip dengan Indonesia, sebagai negara yang berpotensi mengalami bencana alam. Namun, yang berbeda tingkat kewaspadaan warga negara Jepang sudah sangat kuat.

"Itu yang seharusnya perlu dicontoh ya," kata Megawati.

Menurut dia, jika Indonesia memang sudah ada soal mitigasi bencana, seharusnya bisa segera disampaikan.

"Sekarang sudah ada, kenapa rakyat tidak diedukasi, disosialisasi," tukasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini