KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Buka Jalan Damai Kebangsaan, Djarot bilang 'perbedaan itu indah'

Sabtu, 20 Mei 2017 08:05 Reporter : Sania Mashabi
Djarot buka Jalan Damai Kebangsaan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat menghadiri serta membuka acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional dengan tema Jalan Damai Kebangsaan Lintas Iman. Dalam sambutannya Djarot sempat mengingatkan pada masyarakat bahwa Indonesia adalah negara yang memegang teguh kebhinekaan dan ideologi Pancasila.

"Bahwa kita semua ini memang berbeda tapi ingat perbedaan itu indah. Perbedaan itu bisa menyatukan kita karena kita sudah berikrar di bawah bendera ideologi Pancasila. Itu ada sesanti (wejangan) yang kita pegang teguh yaitu Bhineka Tunggal Ika," kata Djarot, di Monumen Proklamasi, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5).

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk jangan saling menyakiti satu sama lain. "Janganlah menyakiti. Kalau kalian sakit saya juga sakit, kalau saya sakit kalian juga ikut merasakan sakit," ungkapnya.

Selain itu, Djarot juga mengakui, bahwa sekarang ini ada masyarakat yang sudah mulai luntur jiwa nasionalismenya. Karena itu, mantan Wali Kota Blitar ini mengajak masyarakat untuk memperkuat jiwa nasionalisme di hari Kebangkitan Nasional melalui perbaikan diri sendiri.

"Mungkin ada sebagian kita yang sudah mulai menurun jiwa nasionalisnya," ujarnya.

"Saya minta kepada kita semua, saya termasuk saudara bahwa momentum ini kita jadikan untuk semakin memeperkuat jiwa nasional kita, semakin menyadarkan diri kita di dalam diri kita ini perlu ada perubahan mendasar dan tindakan ucapan perilaku dan sikap mental," tutupnya.

Acara dihadiri oleh para pemuka agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.