Buat lukisan dari tandatangan Ahok hingga Obama, pelukis Bali raih rekor MURI

Jumat, 18 Agustus 2017 16:28 Reporter : Gede Nadi Jaya
Buat lukisan dari tandatangan Ahok hingga Obama, pelukis Bali raih rekor MURI Kadek Rudiantara. ©2017 merdeka.com/gede nadi jaya

Merdeka.com - Kadek Rudiantara alias Aboed (38), pelukis asal Banjar Batanancak, Desa Mas Ubud di Gianyar Bali, punya cara sendiri dalam mengekspresikan HUT RI ke-72. Dia memadukan ribuan tandatangan dalam bentuk lukisan sebanyak 1.945 bingkai.

Tandatangan itu didapat dari seluruh kalangan di Nusantara ini. Bahkan juga ada tandatangan dari Barack Obama, Ahok, Bupati dan Wakil Bupati Gianyar, artis ternama dan ribuan tokoh agama serta masyarakat.

Hasil karyanya ini membuatnya mendapat rekor dari MURI. Sebab, lukisan sebanyak 1.945 bingkai itu berdasarkan dari tandatangan itu dibuatnya dalam waktu hampir sebulan dan dipajang di sepanjang jalan desa.

Kadek Rudiantara ©2017 merdeka.com/gede nadi jaya

"Dari kebhinekaan ini pula saya mencoba memberikan warna baru dengan keharmonisan goresan tangan. Sekaligus meminta restu," kata Aboed di Unud Gianyar, Jumat (18/8).

Aboed mengaku sengaja mempersembahkan karyanya ini untuk Indonesia. Menurutnya, semua tandatangan ada wujud dari kebersamaan dan kebhinekaan.

"Dari ribuan tandatangan itu ada kebhinekaan yang saya rasakan dan keragaman itu sesungguhnya sangat indah dan menyegarkan. Sekaligus memperkenalkan diri dan mohon restu sebagai pelukis pertama yang mengkreasikan tanda tangan menjadi lukisan," pungkasnya.

Kadek Rudiantara ©2017 merdeka.com/gede nadi jaya

Sementara itu Feisal Nadhirrahman, perwakilan MURI, yang hadir pada pameran ini menyebut ide lukisan Aboed tersebut unik dan layak mendapat penghargaan rekor MURI.

"Ini sebagai penggagas lukisan unik dari tandatangan yang pertama di dunia tidak hanya di Indonesia. Karenanya lebih tepat jika karyanya kami bukukan sebagai rekor dunia dari Indonesia," ungkap Feisal. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Karya Seni
  2. Rekor MURI
  3. Denpasar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini