BNPB Sebut Gelombang Pasang di Pantai Anyer Banten Disebabkan Bulan Purnama

Sabtu, 22 Desember 2018 23:56 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
BNPB Sebut Gelombang Pasang di Pantai Anyer Banten Disebabkan Bulan Purnama BNPB konpers dampak gempa dan tsunami di Donggala dan Palu. ©2018 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan gelombang air laut yang menerjang Pantai Anyer, Banten bukan tsunami. Dia menyebut gelombang pasang tersebut disebabkan karena fenomena bulan purnama.

"Fenomena ini disebabkan oleh adanya gelombang pasang. Apalagi saat ini sedang bulan purnama sehingga menyebabkan permukaan air laut naik," kata Sutopo melalui siaran persnya, Sabtu (22/12).

Selain itu, menurutnya, naiknya air laut juga tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau yang terjadi sejak pagi.

"Fenomena gelombang pasang ini juga tidak ada hubungannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Sejak tadi pagi memang terjadi erupsi, namun erupsi kecil yang tidak menimbulkan pengaruh kenaikan gelombang air laut," ujarnya.

Saat ini, petugas dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD dan relawan masih melakukan penanganan di lokasi. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan.

"Evakuasi dilakukan di beberapa tempat. Pendataan dan penanganan masih dilakukan," tandas Sutopo. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini