Biaya pemeriksaan kesehatan peserta Pilkada di Jatim Rp 13 juta per calon

Rabu, 3 Januari 2018 21:33 Reporter : Bruriy Susanto
Biaya pemeriksaan kesehatan peserta Pilkada di Jatim Rp 13 juta per calon Ilustrasi Pemilu. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Enam Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di wilayah Jawa Timur, menggandeng Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan Surabaya untuk pemeriksaan kesehatan para pasangan bakal calon kepala daerah dalam Pilkada serentak tahun 2018. Keenam KPUD yakni Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Nganjuk, Tulungagung dan Jombang.

Mengenai biaya untuk satu calon, sebesar Rp 13.352.00. Jika itu calon perempuan, ada penambahan biaya Rp 715 ribu untuk pemeriksaan USG.

Kepala RSAL Dr. Ramelan, Laksamana Pertama TNI dr IDG Nalendra mengatakan, MoU dengan enam KPUD tersebut merupakan kali pertama.

"Saya ucapkan banyak terima kasih, RSAL ini dipercaya ikut serta dalam melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon kepala daerah. Pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan calon kepala daerah memang rumah sakit harus bertipe A, salah satunya RSAL ini," kata Nalendra usai penandatanganan MoU, Surabaya, Rabu (3/1).

Nantinya, pemeriksaan pasangan calon kepala daerah dari enam kabupaten di Jawa Timur dijadwalkan tanggal 12, 13 dan 16 Januari 2018.

Jedah waktu yang masih panjang, jenderal bintang satu itu juga mengungkapkan, bahwa semua sarana dan prasarana sudah disiapkan.

RSAL juga akan bekerja sama dengan badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur, untuk melakukan pemeriksaan mengenai narkoba.

"Tim dokter yang melakukan pemeriksaan sudah siap. Kami jamin tim bersikap netral dan hasilnya bisa dipertangungjawabkan. Tidak ada yang kami tutup-tutupi, nanti hasilnya akan disampaikan sesuai fakta hasil pemeriksaan," ujar dia.

Secara terpisah Ketua KPUD Bangkalan Fauzan Ja'far mengungkapkan, pemeriksaan pasangan calon kepala daerah di RSAL Dr. Ramelan berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Ini sudah sesuai dengan kesepakatan. Pemeriksaan pasangan calon kepala daerah nantinya difokuskan di RSAL. Karena semua fasilitas, sarana prasarana sudah sesuai dengan standar," katanya. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini