Berkah PON XX Papua 2021, Makanan Khas Papua Ini Banyak Diburu

Selasa, 12 Oktober 2021 08:36 Reporter : Merdeka
Berkah PON XX Papua 2021, Makanan Khas Papua Ini Banyak Diburu Jokowi Resmi Buka PON XX Papua. ©ANTARA/Desca Lidya Natalia

Merdeka.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah berlangsung sejak 2 Oktober lalu. Selain menjadi ajang olahraga terbesar di tanah air, PON XX Papua 2021 juga menjadi ajang promosi wisata kawasan ujung timur Indonesia ini.

Papua memang menawarkan banyak ragam wisata mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. Beberapa makanan khas Papua seperti papeda dan ulat sagu bahkan diburu oleh para atlet dan undangan yang hadir. Selain itu, masih banyak ragam kuliner Papua yang unik dan mengundang rasa penasaran.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berharap PON XX Papua 2021 dapat sekaligus menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan meningkatkan secara masif penjualan produk-produk UMKM termasuk kuliner.

"Saya mendengar produk kuliner seperti ulat sagu menjadi hits dan banyak yang ingin mencoba," tuturnya beberapa waktu lalu. Sebagai rekomendasi, berikut kuliner khas Papua yang siap menggoyang lidah kita!

Papeda

makanan papua
©2021 Merdeka.com


Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Papua. Makanan berwarna putih dengan tekstur lengket menyerupai lem ini kaya serat dan rendah kolesterol. Papeda panas yang memiliki rasa tawar biasanya disajikan bersama lauk ikan bumbu kuah kuning. Selain itu, ada pula papeda dingin yang disajikan dalam bungkusan daun fotovea, mirip seperti pepes.

Ulin Epa, salah seorang penjual papeda di kawasan Jayapura mengatakan, papeda biasanya disajikan dengan porsi besar untuk dimakan bersama-sama. "Kalau di rumah makan kami, harga papeda satu porsi Rp95.000,- lengkap dengan lauk, bisa dimakan berdua atau bertiga," tutur Ulin.

Sagu bakar

makanan papua
©2021 Merdeka.com


Seperti halnya papeda, sagu bakar atau sagu sep terbuat dari sagu sebagai bahan utamanya. Bedanya, sagu bakar bertekstur padat, dibuat dari sagu mentah dan parutan kelapa yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas, lalu dibakar.

Sagu bakar diolah dengan berbagai isian, mulai dari isi gula merah hingga daging rusa. Cara pembuatan dan penyajian sagu bakar ini memang berbeda-beda setiap daerah. Rasanya pun berbeda, namun tetap menonjolkan rasa gurih dari sagu dan parutan kelapa. "Untuk wilayah Jayapura saja, pengolahan sagu di Sentani dengan wilayah lain juga berbeda," lanjut Ulin.

Sate Ulat Sagu

Masyarakat Papua menjadikan sagu sebagai salah satu makanan pokok sehari-hari. Tak heran jika di Papua terdapat banyak pohon sagu. Pohon sagu yang dipotong dan dibiarkan membusuk akan memicu munculnya ulat-ulat pohon yang berwarna putih dengan ukuran sekitar 3 cm.

Ulat-ulat gemuk yang berasal dari pohon sagu itu dapat diolah menjadi makanan kaya nutrisi, salah satunya sate ulat sagu. Meski terdengar menggelikan, sate ulat sagu sebenarnya adalah makanan kaya protein. Rasanya gurih dengan sedikit masih tercium aroma sagu.

Selain tiga makanan khas yang telah disebutkan, Papua masih memiliki banyak jenis kuliner lokal. Namun, tidak semua makanan khas Papua dikenal masyarakat luas dan mudah ditemukan di rumah makan. Setiap wilayah bisa menyajikan kuliner lokal yang berbeda-beda. "Jika ingin menikmati kuliner khas lain, warga luar daerah bisa meminta langsung tuan rumah untuk membuatkan," ujar Ulin yang juga memiliki kafe di kawasan Jayapura.

Beragam informasi seputar destinasi wisata dan ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja bisa Anda dapatkan dengan cara follow akun Instagram: @pesonaid_travel, Facebook: Pesonaid_travel, dan kunjungi website www.indonesia.travel.

Saat berwisata, pastikan Anda sudah vaksin dan jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Nah, buat yang saat ini masih #DiRumahAja, sembari menyusun bucket list liburan, kamu juga bisa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap hari Selasa di setiap pekannya. Caranya? Follow akun Instagram @pesonaid_travel lalu like postingan terbaru PUKIS pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention juga 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya! Raih beragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. Yuk, buruan! [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita Kemenpar
  3. Jayapura
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini