Bentrokan di Wilayah Konflik Agraria: 2 Warga Lahat Tewas dan 2 Lainnya Luka

Senin, 23 Maret 2020 03:26 Reporter : Irwanto
Bentrokan di Wilayah Konflik Agraria: 2 Warga Lahat Tewas dan 2 Lainnya Luka Bentrokan di Wilayah Konflik Agraria Lahat Sumsel. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bentrokan yang melibatkan pegawai perusahaan perkebunan dan warga terjadi di Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, Sumatera Selatan. Dua orang tewas akibat kejadian itu dan dua lainnya terluka.

Peristiwa itu terjadi saat pekerja PT Artha Prigel memanen sawit di lokasi, Sabtu (21/3) siang. Lalu datang sekelompok warga setempat meminta aktivitas pekerja dihentikan sementara karena lahan itu masih bersengketa.

Para pekerja lantas meninggalkan lokasi. Namun, sejumlah sekuriti perusahaan masih di TKP untuk menghalau warga.

Dua kubu pun terlibat bentrokan. Akibatnya, empat orang dari kelompok petani mengalami luka tusuk dan bacok. Bahkan, dua diantaranya, Suryadi (40) dan Putra Bakti (35) tewas di tempat. Sedangkan rekannya, Sumarlin (38) dan Lion Agustin (35) terkena luka bacok.

Kapolres Lahat AKBP Irwansyah mengungkapkan, penyidik telah meringkus satu pelaku yang menyebabkan dua korban tewas, yakni Ujang Boy (38) yang berstatus sekuriti PT Artha Prigel. Pelaku dikenakan Pasal 351 ayat (2) dan (3) KUHP tentang penganiayaan yang menyebabkan matinya orang dengan ancaman tujuh tahun penjara.

"Seorang pelaku sudah kita tangkap, barang bukti ada pakaian yang masih berlumuran darah. Kita masih kembangkan kasus ini," ungkap Irwansyah, Minggu (22/3).

PT Artha Prigel merupakan anak perusahaan PT Bukit Barisan Indah Permai Group yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Dari informasi yang diterimanya, lahan di TKP masih bersengketa antara warga setempat dan perusahaan.

"Informasinya begitu, lahan masih berkonflik. Situasi terkini kondusif tetapi masih dalam pemantauan kami," kata dia. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini