Asian Games, turis Thailand bingung pesan nasi goreng gila dan rawon setan

Senin, 27 Agustus 2018 04:06 Reporter : Wisnoe Moerti
Rawon. ©2015 Merdeka.com/ Astri Agustina

Merdeka.com - Pusat jajanan yang berada di samping Jakarta Convention Center (JCC), Komplek GBK Senayan Jakarta, selalu ramai pengunjung saat jam makan siang. Para pengunjung tidak hanya warga lokal yang ingin merasakan aura pesta olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade itu, juga tampak dari kalangan atlet asing, ofisial dan pekerja media.

Sekian banyak menu makanan yang umumnya makanan khas lokal, tidak ada satu pun yang ditulis dalam bahasa Inggris. Makanan yang cukup familiar bagi turis asing hanyalah menu ala Jepang, seperti beef terriyaki dan chicken terriyaki. Tidak mengherankan jika di restoran tersebut dipenuhi oleh tamu dari Jepang Selebihnya adalah menu lokal seperti soto betawi, sate kikil, rawon, bihun goreng, pecel lele atau tempe penyet.

Dikutip dari Antara, Minggu (26/8), seorang tamu asing asal Thailand berusaha mencari padanan menu tersebut dalam bahasa Inggris melalui mesin penerjemah Google. Dia kebingungan dan berusaha menanyakan kepada pelayanan saat memesan nasi goreng gila yang tertulis crazy fried rice dan rawon setan atau yang tertulis satan rawon dalam mesin penerjemah Google.

Beruntung datang seorang relawan (volunteer) yang mencoba memberi penjelasan dengan mengatakan bahwa menu itu hanya sebuah istilah, tidak seseram namanya.

"Sudah tahu ini event besar, kok panitia tidak menatar atau memberi pelatihan kepada pedagang, setidaknya menulis menu dalam bahasa Inggris," kata Idwan Deshira, seorang warga Ciputat, Tangerang Selatan yang datang ke Komplek GBK bersama keluarga. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini