Amankan kantor GP Ansor, 1 anggota Banser meninggal karena kelelahan

Jumat, 26 Oktober 2018 19:39 Reporter : Merdeka
Amankan kantor GP Ansor, 1 anggota Banser meninggal karena kelelahan massa bela tauhid di depan kantor Ansor. ©2018 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Seorang anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) meninggal dunia saat mengamankan Kantor GP Ansor di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (26/10). Anggota Ansor bernama Jatmiko itu meninggal dunia diduga karena kelelahan dan sakit. Jatmiko mengamankan katornya dari demo massa aksi bela tauhid.

Jatmiko dibopong rekannya dari dalam Kantor Ansor dalam keadaan tak sadarkan diri sekitar pukul 16.43 WIB. Dia kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menggunakan mobil patroli kepolisian.

Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini membenarkan adanya kader NU yang meninggal dunia. Namun Helmy menampik kadernya meninggal akibat gesekan dengan massa Aksi Bela Tauhid yang pulang dari kawasan Monas dan sempat berhenti di depan Kantor Ansor.

"Meninggal karena kelelahan, dia juga punya (riwayat) jantung. Tidak ada kaitannya dengan peristiwa ini," ujar Helmy di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Sejumlah kader NU langsung melakukan salat ghaib usai salat Maghrib di Kantor PBNU. Salat ghaib dipimpin langsung oleh KH Nuril Arifin Husein alias Gus Nuril.

"Insya Allah husnul khotimah ya, karena meninggalnya hari Jumat," katanya.

anggota banser meninggal 2018 Merdeka.com/Liputan6.com


Sejumlah anggota Banser menyebut, Jatmiko beberapa hari ini bertugas mengurus logistik rekan-rekannya. Sejak kemarin, almarhum sibuk mendistribusikan logistik untuk rekan-rekannya yang berjaga di Kantor Ansor.

Ratusan Massa Aksi Bela Tauhid sempat berhenti di depan Kantor Ansor setelah menggelar demo di kawasan Monas, Jumat sore. Massa sempat bersitegang dengan beberapa anggota Ansor karena salah paham.

Massa yang menutup sebagian Jalan Kramat Raya sempat membuat lalu lintas dari arah Senen tersendat. Aparat kepolisian mencoba membubarkan namun massa justru bergeser ke seberang Kantor PBNU yang berjarak sekitar 100 meter dari Kantor GP Ansor.

Massa akhirnya membubarkan diri jelang azan Maghrib. Situasi di sekitar Kantor GP Ansor dan PBNU terpantau kondusif.

Reporter: Nafiysul Qodar
Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini