Alquran Terjemahan Bahasa Palembang Halus Segera Terbit

Selasa, 30 Juli 2019 03:02 Reporter : Irwanto
Alquran Terjemahan Bahasa Palembang Halus Segera Terbit Tadarus Alquran. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Untuk memudahkan dan menjaga budaya lokal, sejumlah instansi bakal segera menerbitkan Alquran terjemahan Bahasa Palembang. Bahasa yang dipakai juga bukan sembarang, melainkan Bahasa Palembang halus.

Ketua Tim Penyusun Penerjemahan Alquran dalam bahasa Palembang Dr Alfi Julizun Azwar mengungkapkan, penerbitan Alquran terjemahan Bahasa Palembang merupakan kerja sama banyak pihak, yakni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Puslitbang Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Badan Litbang Diklat Kementerian Agama, ulama dan budayawan Palembang. Tujuannya melestarikan bahasa Melayu yang mulai punah.

"Insya Allah Oktober nanti sudah terbit terjemahan Alquran dalam bahasa Palembang halus," ungkap Alfi, Senin (29/7).

Menurut dia, bahasa Palembang halus sudah nyaris hilang dan ditinggalkan wong kito. Komunikasi warga Palembang saat ini mulai bercampur dengan berbagai bahasa luar daerah dan Indonesia.

"Tadinya kita mencari budayawan yang paham Bahasa Palembang halus bahasa Alquran. Tapi tidak ada, akhirnya kita pilih menerjemahkan bahasa Indonesia ke Palembang halus," ujarnya.

Dikatakannya, penerjemahan memakan waktu dua tahun, sejak 2018. Prosesnya adalah menerjemahkan dari Indonesia ke Palembang halus, lalu validasi, pengesahan, pengecekan keabsahan dari Kementerian Agama, barulah kemudian dicetak.

"Kami lakukan workshop secara rutin untuk meminimalisir kesalahan penerjemahan," pungkasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Tes Baca Alquran
  2. Palembang
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini