Laporan dari Arab Saudi

91.106 Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Tanah Suci, 2 Kloter Akhir Tiba Hari Ini

Minggu, 3 Juli 2022 13:33 Reporter : Lia Harahap
91.106 Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Tanah Suci, 2 Kloter Akhir Tiba Hari Ini Jemaah Haji Wukuf di Arafah. ©2021 AFP/FAYEZ NURELDINE

Merdeka.com - Hari ini, Rabu (3/7) menjadi waktu ketibaan terakhir jemaah haji reguler di Tanah Suci. Adapun kuota jemaah haji regular untuk tahun ini berjumlah 92.825.

Mengacu laporan Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah per Sabtu (2/7) malam, total sudah 91.106 jemaah haji Indonesia berada di Tanah Suci. Jika mengacu angka tersebut, hanya tersisa sedikit jemaah yang akan tiba hari ini dari total keseluruhan jemaah haji regular 92.825.

Dua kloter terakhir dari dua embarkasi akan pagi dan siang ini. Satu kloter dari embarkasi Jakarta Bekasi akan mendarat di Bandara King Abdulaziz Internasional Airport (KAIA) di Jeddah pada pukul 08.50 WAS. Satu kloter lainnya berasal dari embarkasi Solo dan akan tiba pukul 11.50 WAS. Setibanya dua kloter tersebut di Jeddah, maka fase kedatangan jemaah haji dari Tanah Air menuju Tanah Suci berakhir.

Sesuai yang telah ditentukan, closing date (ketibaan akhir) untuk jemaah haji reguler pada tanggal 3 Juli 2022. Sementara untuk jemaah haji khusus, masih akan terus berdatangan sampai beberapa hari ke depan.

Saat ini, seluruh jemaah haji terkonsentrasi di Makkah sambil menunggu puncak haji. Wukuf di Arafah akan berlangsung pada 8 Juli 2022 (9 Zulhijah 1443 H). Jemaah akan mulai diberangkatkan menuju Arafah, sehari sebelumnya, tepatnya 7 Juli 2022.

2 dari 2 halaman

Jumlah Jemah Haji Wafat

Adapun jumlah jemaah wafat sampai hari ini berjumlah 20 orang, berdasarkan laporan data terkini Siskohat.

Mengingat waktu wukuf di Arafah semakin dekat, jemaah diingatkan benar-benar memanfaatkan waktu untuk beristirahat.

Jemaah diminta tidak memaksakan diri melaksanakan salat di Masjidil Haram. Sebagai gantinya, bisa melaksanakan salat di masjid terdekat dengan penginapan.

Baca juga:
Kemenag Tegaskan Pemegang Visa Mujamalah Harus Berangkat Lewat PIHK
Jelang Wukuf di Arafah, Ini Pesan Amirul Hajj ke Jemaah Haji Indonesia
Jemaah Haji Diingatkan Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan
Delegasi Amirul Hajj Lakukan Konsolidasi dengan PPIH Arab Saudi Jelang Armuzna
Tim Pengawas Apresiasi Pelayanan Kesehatan KKHI untuk Jemaah RI
Tinjau KKHI, Naib Amirul Hajj Puji Kerja Petugas Kesehatan Layani Jemaah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini