9 Mahasiswa UII yang Belajar di China Dipastikan Aman dari Virus Corona

Senin, 27 Januari 2020 17:23 Reporter : Purnomo Edi
9 Mahasiswa UII yang Belajar di China Dipastikan Aman dari Virus Corona Wabah virus mirip SARS hantui China. ©NICOLAS ASFOURI/AFP

Merdeka.com - Universitas Islam Indonesia (UII) tercatat memiliki sembilan orang mahasiswa yang masih menjalani studi dan menetap sementara di China. Pihak UII memastikan mahasiswanya dalam kondisi baik dari wabah virus corona.

Kepala Bagian Humas UII, Ratna Permata Sari menerangkan total ada 12 mahasiswanya yang menjalani studi di China. Tepatnya di Nanjing Xiaozhuang University.

Para mahasiswa ini berasal dari Program Studi (Prodi) Teknik Industri dan Manajemen UII. Mahasiswa ini sedang menjalani program double degree di kampus Nanjing yang berjarak 500 kilometer dari Wuhan.

"Total ada 12 mahasiswa yang kuliah di sana. InsyaAllah dalam kondisi baik-baik saja. Semua berangkat sejak 2019. Sebanyak tiga mahasiswa di antaranya sudah pulang awal Januari lalu," ujar Ratna saat dihubungi, Senin (27/1).

Terkait wabah virus Corona, Ratna mengaku terus berkoordinasi dengan pihak Brighstar Education yang merupakan penghubung kampus di Indonesia dengan di Nanjing, China.

1 dari 1 halaman

Saat ini, mahasiswa UII masih tetap tinggal di Nanjing. Ratna menerangkan pihak Universitas Nanjing menerapkan kebijakan bagi para mahasiswa yang masih di kampus saat ini untuk tetap bertahan di sekitar kampus.

"Ada aturan tidak boleh keluar dari area kota Nanjing dan tidak dibolehkan meski hanya untuk sekadar makan-makanan dari luar. Hanya boleh masak sendiri atau yang disediakan oleh kampus. Diharapkan selalu menggunakan masker dan dilakukan pengecekan kesehatan gratis di kampus," urai Ratna.

Ratna menjabarkan pihak UII terus melakukan pemantauan terhadap mahasiswanya yang ada di Nanjing. Sedangkan tiga mahasiswa UII yang menjalani studi di Nanjing dan telah pulang ke Indonesia saat ini sudah kembali ke daerah masing-masing.

Ratna memastikan tiga mahasiswa yang sudah pulang itu dalam kondisi terpantau kesehatannya. Ratna menyebut akan terus memantau kondisi ketiga mahasiswa itu.

"Melihat alur mahasiswa yang kembali ke Indonesia, mereka biasanya akan langsung balik ke daerah asal. Untuk pemeriksaan kesehatan, sepertinya sudah dicek di bandara," tutur Ratna. [ray]

Baca juga:
Ekonomi China Mulai Tumbang Akibat Virus Corona
Menkes Terawan soal Penyebaran Virus Corona: Kita Sudah Waspada, Jangan Khawatir
Menkes Kirim Tim Periksa Pekerja Kereta Cepat yang Diduga Terkena Virus Corona
Dampak Virus Corona, Pemerintah Akan Cari Potensi Turis Baru Selain China
Virus Corona Merebak, Angka Unduhan Gim Plague Inc Melonjak

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini