5 Nabi-nabi palsu yang heboh di Indonesia

Jumat, 1 Februari 2013 09:00 Reporter : Mustiana Lestari
Gunung Lawu. wisatagunung.wordpress.com

Merdeka.com - Kitab suci Alquran telah menerangkan dengan jelas bahwa tak ada nabi lain setelah nabi Muhammad SAW. Kendati demikian, umat beragama tidak bisa menghindari fenomena nabi palsu yang terus bermunculan sejak Rasulullah wafat.

Mulai dari semenanjung Arab hingga ke ujung Asia, tidak berhenti orang-orang yang mengaku mendapat hidayah atau mukjizat lalu menyebut dirinya sebagai nabi.

Di Indonesia, di abad millenium ini, tercatat ada lima orang yang mengklaim dirinya sebagai nabi penerus nabi Muhammad SAW. Untuk meyakinkan masyarakat tak jarang nabi palsu ini menggunakan cara aneh hingga maksiat.

Mulai dari menyuruh umatnya beribadah tak lazim, menyetor uang sampai melakukan ritual yang berujung pemerkosaan. Beberapa hari lalu, kasus seseorang yang mengaku dirinya sebagai nabi sempat menghebohkan warga Lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karanganyar KH Zainudin mencurigai nabi palsu di lereng Gunung Lawu tersebut adalah penerus ajaran nabi palsu terdahulu yang pernah ada di daerah Giri Layu, Matesih, Karanganyar.

"Dulu pernah ada, namanya Rochmad, tapi orangnya sudah meninggal, dan sekarang digantikan penerusnya, namanya Sutarmin, seorang guru agama," kata Zainudin.

Berikut adalah lima nabi palsu di Indonesia:

Topik berita Terkait:
  1. Nabi Palsu
  2. Top List
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.