4 Tersangka Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Segera Diadili

Selasa, 16 April 2019 06:28 Reporter : Merdeka
4 Tersangka Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Segera Diadili Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber mengirim empat tersangka kasus hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Senin (15/4). Keempat tersangka tersebut segera dibawa ke meja hijau untuk diadili.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan tahap dua atau penyerahan tersangka dan barang bukti ini dilakukan setelah berkas perkara mereka dinyatakan lengkap alias P21.

"Proses tahap dua berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Proses tahap dua juga didampingi oleh pengacara masing-masing tersangka," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/4).

Adapun keempat tersangka yang dikirim ke kejaksaan itu antara lain, Mujiman alias Maulana (53), Sugiyono alias Abdul Karim (58), Titi Setiawati (54), dan Suroso (50).

Dalam perkara ini, mereka disangka melanggar Pasal 14 ayat (1), ayat (2) dan atau Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 45 A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) dan atau Pasal 45 ayat (3) Jo Pasal 27 ayat (3) UU No 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sebelumnya, polisi lebih dulu melimpahkan tersangka bernama Bagus Bawana Putra alias BBP ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Bahkan pria yang berperan sebagai kreator hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos itu telah menjalani sidang dakwaan.

Reporter: Nafiysul Qodar
Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Hoax
  2. Hoaks
  3. Surat Suara
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini