3 Wilayah di Garut Kekurangan Surat Suara Pemilu 2019

Selasa, 16 April 2019 20:26 Reporter : Mochammad Iqbal
3 Wilayah di Garut Kekurangan Surat Suara Pemilu 2019 Logistik Pemilu 2019. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Distribusi logistik di Kabupaten Garut masih belum tuntas, Selasa (16/4). Bahkan beberapa kecamatan yang sudah menerima logistik masih kekurangan sehingga harus dilakukan pengiriman tambahan.

"Ada tiga kecamatan yang masih kekurangan surat suara untuk DPRD Kabupaten, yaitu Cibatu, Garut Kota dan Tarogong Kaler. Di Cibatu ada 7 TPS yang belum dapat surat suara yang jika ditotal pemilihnya 1.800-an," kata Komisioner Bawaslu Garut Iim Imron.

Selain Kecamatan Cibatu, lanjut Iim, kekurangan surat suara untuk DPRD Kabupaten pun masih kurang di Tarogong Kaler. Sedangkan di Kecamatan Garut Kota, kekurangan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Kepada Bawaslu, kata Iim, KPU menyebut kekurangan surat suara sudah dipenuhi dan dikirim KPU Provinsi Jawa Barat, namun pihaknya masih belum percaya karena tidak ada bukti resi pengiriman.

"Saya akan cek langsung, karena pemilihan kan tinggal beberapa jam lagi," katanya.

Selain surat suara, Iim juga mengungkap bahwa segel untuk kotak suara pun diketahui habis sehingga sebagian disegel menggunakan rivet. Bawaslu sendiri menilai penggunaan rivet untuk segel sangat riskan, kecuali berlogo KPU sebagai tanda.

Jika hingga hari H pencoblosan logistik tidak terpenuhi, menurut Iim akan ada potensi TPS tidak bisa melakukan pencoblosan sehingga pihaknya meminta agar malam ini semua logistik terpenuhi.

Sekretaris KPU Garut Ayi Dudi Supriadi tidak menampik tentang kondisi tiga kecamatan yang masih kekurangan surat suara. Ia menyebut bahwa hal tersebut disebabkan alasan teknis, di mana saat penyortiran dan pelipatan dilakukan terjadi kesalahan penghitungan.

"Kalau untuk PPWP sudah teratasi karena ada di provinsi dan akan dikirim," ucapnya.

Meski demikian, Ayi menyebut bahwa pihaknya akan berupaya agar seluruh logistik bisa segera didistribusikan ke TPS malam ini. Termasuk kekurangan logistik di wilayah perkotaan pun akan segera diatasi.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebut bahwa berdasarkan laporan dari KPU Garut, semua logistik akan tiba di TPS malam ini. Ia pun mengaku akan terus melakukan pemantauan situasi terakhir menjelang hari pencoblosan.

Rudy memastikan bahwa logistik untuk 37 kecamatan sudah terkirim. "Di Gudang yang ada di Ciateul, logistik sudah terkuras," katanya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini