2 Komisioner KPU Batal Jalani Pemeriksaan Terkait Laporan OSO

Rabu, 30 Januari 2019 19:13 Reporter : Nur Habibie
2 Komisioner KPU Batal Jalani Pemeriksaan Terkait Laporan OSO KPU. ©2017 Merdeka.com/Genan

Merdeka.com - Ilham Saputra dan Wahyu Setiawan batal menjalani pemeriksaan terkait laporan Ketua Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) terhadap KPU RI. Dua komisioner KPU itu semestinya menjalani pemeriksaan pada Rabu (30/1), pukul 13.00 WIB.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, batalnya menjalani pemeriksaan terhadap dirinya dan Wahyu dikarenakan adanya kegiatan lain yang dilakukan oleh Penyidik Polda Metro Jaya.

"Barusan Poldanya memberitahu, (pemeriksaan) direschdule, karena mereka ada giat lain," katanya saat dihubungi, Jakarta, Rabu (30/1).

Meski begitu, dia belum bisa memastikan secara pasti kapan dilakukannya pemanggilan atau pemeriksaan ulang terhadap dirinya dan Wahyu.

"(Reschedule) belum ditentukan," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, hari ini Rabu (30/1) memang tidak ada pemeriksaan untuk dua komisioner KPU tersebut.

"Enggak ada, enggak ada (pemeriksaan komisioner KPU)," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Rabu (30/1).

Ia juga mengaku, belum ada penjadwalan ulang terhadap Ilham Saputra dan Wahyu Setiawan terkait laporan OSO terhadap KPU RI. "Belum ada (reschedule)," jelasnya.

Sebelumnya, Penyidik Polda Metro Jaya mengagendakan akan melakukan pemeriksaan terhadap Komisioner KPU RI Ilham Saputra dan Wahyu Setiawan. Keduanya diperiksa terkait laporan terhadap KPU karena tidak melaksanakan UU/putusan PTUN dan Bawaslu terkait pencalegan OSO di DPD.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, dirinya siap untuk hadir untuk memenuhi panggilan penyidik polisi. Karena sebelumnya Ketua KPU RI Arief Budiman dan Komisioner KPU RI Pramono Ubaid lebih dulu menjalani pemeriksaan.

"Iya (hadir), sementara jam 1 siang. Kemaren pak Ketua dan Pak Pramono, sekarang ini saya sama Wahyu," kata Ilham saat dikonfirmasi, Rabu (30/1).

Seperti diketahui, KPU dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Rabu (16/1) dengan tanda bukti lapor bernomor TBL/334/1/2019/PMJ/Dit.Reskrimum dengan pihak terlapor Ketua KPU Arief Budiman beserta komisioner lainnya, yakni Hasyim Asy'ari, Ilham Saputra, dan Pramono Ubaid.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) melaporkan KPU dengan tuduhan tidak melaksanakan perintah UU/putusan PTUN dan Bawaslu dengan Pasal 421 KUHP Jo 216 ayat (1). [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini