1 Pengawas TPS Meninggal, 10 Orang Kena Typus di Garut

Rabu, 24 April 2019 03:32 Reporter : Mochammad Iqbal
1 Pengawas TPS Meninggal, 10 Orang Kena Typus di Garut Persiapan pemilu ulang di Ciputat. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Sejumlah petugas pengawas TPS di Kabupaten Garut, hingga saat ini dilaporkan 10 orang mengalami sakit typus karena kelelahan. Selain itu juga, Bawaslu Kabupaten Garut menyebut satu orang pengawas tingkat desa meninggal dunia.

"Untuk di Kabupaten Garut yang meninggal ada satu orang Panwaslu desa yang meninggal dunia. Selain itu juga kita menerima informasi ada 10 orang petugas pengawas TPS yang sakit typus karena kelelahan,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Garut, Ahmad Nurul Syahid, Selsa (23/4).

Untuk anggota Panwas tingkat desa yang meninggal dunia bernama Asep Sumer. Asep sendiri diketahui bertugas mengawasi Pemilu di Desa Talagasari, Kecamatan Banjarwangi.

Faktor penyebab meninggalnya sendiri, diduga karena kelelahan dan sebelumnya sempat sakit dan mendapatkan perawatan intensif. Namun saat pihaknya melayat ke rumah duka dan menghadiri pemakaman, Asep Sumer menurut keluarga tidak memiliki riwayat penyakit yang serius.

"Bahkan hasil pemeriksaan dokter pun tidak menyebutkan penyakit apa," ujarnya.

Untuk 10 orang petugas pengawas TPS, dikatakan Ahmad tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut. Ia menyebut bahwa kesepuluh orang tersebut menderita sakit setelah proses pemungutan suara berakhir dan semuanya menderita sakit typus.

Dengan adanya kejadian tersebut, Ahmad pun mengimbau kepada para petugas pemilu di lapangan agar senantiasa memerhatikan kesehatan. Selain itu para pengawas pun diminta untuk selalu berkoordinasi dengan tim medis.

"Kalau kelelahan manfaatkan waktu untuk istirahat yang ada di lokasi rapat pleno," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini