BSI Salurkan Rp 1,2 Triliun untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur

Jumat, 30 Juli 2021 14:57 Reporter : Anisyah Al Faqir
BSI Salurkan Rp 1,2 Triliun untuk Pembiayaan Proyek Infrastruktur Direktur Consumer dan Retail Transaction Bank Mandiri Hery Gunardi. ©2020 Liputan6.com/Tira Santia

Merdeka.com - Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI), Hery Gunardi mengatakan sampai Juni 2021 perusahaan telah memberikan pembiayaan sektor infrastruktur sebesar Rp 1,2 triliun. Pembiayaan tersebut diberikan kepada proyek-proyek yang dijamin oleh pemerintah.

"Segmen wholesale ini infrastruktur yang dibiayai APBN. Sampai Juni, BSI menyalurkan pembiayaan ke sektor infrastruktur sebesar Rp 1,2 triliun," kata Hery dalam konferensi pers, Jakarta, Jumat (30/7).

Pembiayaan proyek infrastruktur tersebut ada di tiga wilayah Indonesia. Salah satunya untuk pembangunan jalan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Tah hanya segmen wholesale, Hery mengatakan BSI akan masuk ke semua jenis segmen pembiayaan. Namun di masa pandemi yang penuh dengan tantangan ini, pihaknya bakal lebih selektif dalam memberikan pembiayaan.

"Kita mau semua segmen, wholesale banking, UMKM dan konsumer. Uniknya bank syariah juga masih bisa melakukan yang dilakukan pegadaian yakni gadai dan cicil emas," katanya.

Selain itu, BSI juga akan terus membidik sektor-sektor yang masih mengalami pertumbuhan selama pandemi. Semisal industri farmasi dan alat kesehatan yang dinilai masih menjanjikan. Sektor-sektor yang berhubungan dengan digitalisasi, FNB sampai sawit dan perkebunan juga dinilai masih bisa tumbuh dengan baik.

Sementara itu untuk sektor mikro, kata Heru, BSI melihat sudah kinerjanya sudah mulai membaik. Beberapa sektor berbasis UMKM yang masih produktif juga menjadi sasaran pembiayaan.

"Sektor UMKM ini dukung dengan dana PEN dan KUR," kata dia mengakhiri. [azz]

Baca juga:
Dampak PPKM Darurat, BSI Prediksi Penyaluran Pembiayaan Turun di Semester II-2021
BSI Salurkan Bansos PKH Hingga Sembako untuk Masyarakat Aceh
PPKM Hambat Proses Migrasi Rekening BRI dan BNI Syariah ke BSI
Bank Syariah Indonesia Raup Laba Bersih Rp1,48 Triliun di Semester I-2021
Aset Bank Syariah Indonesia Ditargetkan Capai Rp330 Triliun di 2023
BSI Salurkan Bansos Non-Tunai ke 570.000 Keluarga di Aceh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini