Mengenal PPPI, organisasi keren Jong Indonesia

Selasa, 26 Juli 2016 13:00 Reporter : Dewi Ratna
Mengenal PPPI, organisasi keren Jong Indonesia Ilustrasi teman. ©shutterstock.com/Alex Emanuel Koch

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang Pemuda Indonesia atau Jong Indonesia? Organisasi ini adalah salah satu organisasi yang penting dalam peristiwa Sumpah Pemuda. Pemuda Indonesia ini dibentuk setelah para pemuda mengadakan pertemuan yang kedua kalinya pada tanggal 15 Agustus 1926. Organisasi ini memiliki tujuan yang luhur, yaitu menanamkan cita-cita persatuan Indonesia.

Untuk menghapuskan penjajahan yang sudah banyak merugikan rakyat Indonesia, dibentuk juga sebuah organisasi bernama Perhimpunan Pelajar-Pelajar di Indonesia. Organisasi ini dibentuk pada bulan September 1926. PPPI ini memiliki tujuan untuk memperjuangkan supaya Indonesia semakin bisa mempertahankan Indonesia supaya merdeka. Tujuan ini cuma bisa diwujudkan kalau kalau semua paham kedaerahan bisa dihilangkan dari mental para pemuda masa itu. Selain itu, perselisihan pendapat yang terjadi antara para nasionalis harus segera disingkirkan.

Kegiatan PPPI ini berkisar antara gerakan yang akan dilakukan para pemuda, sosial dan juga politik. Ketua PPPI ini adalah Soegondo Djojopoepito, sedangkan tokoh-tokoh lain yang mengikuti organisasi ini adalah Muhammad Yamin, Abdullah Sigit, Suwiryo, Sumitro Reksodiputro, AK Gani, Tamzil, Sunarko, Amir Syarifuddin dan Sumanang. Perhimpunan ini sering melakukan perkumpulan di Indonesische Clubgebouw yang bertempat di Jl. Kramat no 106 di Weltevreden. Para anggotanya sangat dekat satu sama lain dan sudah menjadi seperti saudara sendiri.

Di tanggal 20 Februari 1927, pertemuan dilanjutkan dan membahas tentang fungsi dari organisasi pemuda. Namun, hasil dari pertemuan ini masih belum maksimal. Yang menjadi masalah di saat itu adalah sifat kedaerahan yang masih muncul saat itu. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang PPPI atau Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Sebagai generasi bangsa, kita harus bisa memahami makna dari Sumpah Pemuda dan mengamalkannya dalam kehidupanmu. [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini