Kenali profesi advokat, salah satu peran penting penegak keadilan

Kamis, 28 April 2016 19:00 Reporter : Dewi Ratna
Kenali profesi advokat, salah satu peran penting penegak keadilan Ilustrasi pengacara. ©2015 Merdeka.com/The Richest/Shutterstock

Merdeka.com - Indonesia adalah salah satu negara yang sangat taat hukum. Ada banyak sekali jenis hukum di Indonesia, itu sebabnya negara kita memiliki banyak sekali peraturan, mulai dari peraturan perundang-undangan hingga peraturan pemerintahan. Untuk menegakkan semua hukum itu, Indonesia memiliki lembaga yudikatif. Salah satu orang yang mengisi lembaga yudikatif itu adalah lembaga kehakiman. Di dalam lembaga kehakiman itu, ada sebuah peran yang bernama Advokat. Apa itu advokat? Yuk kita bahas penjelasannya bersama-sama.

Nama advokat mungkin pernah kamu dengar sebelumnya. Advokat lebih sering disebut sebagai penasihat hukum. Mereka adalah orang yang diberikan kekuasaan untuk membantu di bidang hukum perdata atau pidana. Mereka bisa memberikan bantuan hukum secara langsung maupun tidak langsung. Kalau secara tidak langsung, advokat ini bisa memberikan nasehat atau konsultasinya kepada aparat penegak hukum yang lainnya. Sedangkan secara langsung, advokat ini bisa memberikan bantuan hukum yang aktif untuk kepentingan hukum. Bantuan ini bisa diberikan ketika di dalam pengadilan atau di luar pengadilan dengan cara membela, mendampingi, atau mewakili.

Advokat menjalankan tugasnya dengan tujuan untuk menegakkan keadilan hukum di tengah masyarakat. Kehadiran advokat ini tentunya semakin membuat hukum yang ada di Indonesia semakin terjamin keefektifan peraturan hukum di Indonesia, selain itu juga bisa membantu kepentingan orang-orang pencari keadilan dan bisa digunakan juga untuk pemberdayaan masyarakat.

Sekarang kamu sudah tahu tentang peranan advokat di dalam kehidupan hukum di Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mendukung terwujudnya hukum itu sendiri. Bab ini penting untuk dipelajari agar kita bisa mengembangkan diri menjadi orang yang taat hukum. Tertarik untuk mempelajari tentang bab ini secara lebih lanjut?

[iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini