Fakta penting di balik seekor gajah, bikin kagum!

Rabu, 9 Maret 2016 17:30 Reporter : Dewi Ratna
Fakta penting di balik seekor gajah, bikin kagum! Bayi gajah di Ragunan. ©2013 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Siapa yang nggak tahu binatang yang satu ini? Gajah – binatang mamalia darat terbesar di dunia yang sangat unik. Ia hidup di Afrika dan Asia, dan jenis gajah di kedua daerah ini pun berbeda. Di Afrika ada 2 jenis gajah, yaitu African Forest Elephant dan African Bush Elephant. Nah, kali ini Kelas Merdeka bakal bahas tentang beberapa fakta dari hewan super kuat ini.

1. Gajah Afrika baik yang jantan maupun betina sama-sama punya gading. Beda dengan gajah Asia, karena yang punya gading hanya gajah jantan saja. Fungsi gading ini adalah untuk menggali dan mencari makanan. Gading ini juga sangat penting menggali air dari dalam tanah. Apalagi gajah dewasa butuh minum sekitar 210 liter per hari.

2. Telinga gajah memang lebar, tapi cukup tipis. Telinga mereka terbuat dari jaringan pembuluh darah yang kompleks. Pembuluh darah di telinga ini membantu mengatur suhu tubuh gajah. Darah bersirkulasi di telinga mereka untuk mendinginkan suhu tubuh saat cuaca panas.

3. Belalai gajah bisa merasakan ukuran, bentuk dan suhu suatu benda yang disentuhnya. Seekor gajah dapat menggunakan belalainya untuk mengangkat makanan dan menyedot air. Belalai ini bisa tumbuh panjang hingga sekitar 2 meter.

4. Ternyata gajah bisa berenang! Bahkan pada saat berenang, gajah menggunakan belalainya untuk bernafas di permukaan air.

5. Gajah memang sangat gigih. Seekor gajah bisa menghabiskan waktu sekitar 16 jam untuk mengumpulkan makanannya, seperti daun, bambu, dan sebagainya.

Wah, luar biasa ya, gajah ini! Sebenarnya gajah nggak punya predator alami. Sayangnya, gajah biasanya diburu manusia untuk diambil gadingnya, yang dianggap berharga dan mahal. Kasihan, kan?

[iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini